Makanan Yang Harus Dihindari Jika Sedang Radang Tenggorokan

DokterSehat.Com – Radang tenggorokan adalah sebuah gangguan kesehatan yang cukup menyiksa penderitanya. Disamping memberikan rasa sakit pada area tenggorokan, kita juga akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan atau bahkan hanya seakdar untuk berbicara. Penyakit yang menyerang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan pakar kesehatan berkata jika untuk menjaga kondisi tenggorokan agar tidak semakin parah, ada baiknya kita tidak memakan beberapa jenis makanan seperti sebagai berikut.

doktersehat-keripik-soda

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang renyah dan juga berminyak. Beberapa jenis makanan kering layaknya biskuit atau bahkan gorengan dan kacang-kacangan akan sangat enak untuk dimakan, khususnya saat bercengkerama dengan teman atau keluarga. Makanan ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi radang tenggorokan dan bisa membuatnya jauh lebih parah. Selain itu, makanan pedas yang juga sangat disukai sebagian besar masyarakat juga bisa membuat kondisi radang tenggorokan menjadi semakin parah. Mitos tentang makanan pedas yang bisa meredakan batuk dan gatal tenggorokan ternyata salah besar dan justru membuat kondisi radang ini menjadi semakin memburuk.

Beberapa orang mengkonsumsi susu panas saat mengalami radang tenggorokan dengan harapan susu bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Hal ini justru salah kaprah dan akan membuat radang tenggorokan menjadi semakin parah. Selain itu, hindarilah makanan yang cenderung asam, khususnya yang terbuat dari produk buah-buahan karena bisa memicu rasa sakit yang berlebihan pada penderita radang tenggorokan. Makanan asam layaknya jeruk atau jus akan memicu rasa sakit pada tenggorokan dengan cepat.

Banyak orang yang tetap mengkonsumsi minuman berkafein layanya kopi setiap hari hanya demi mendapatkan asupan eneri yang cukup dan tidak mudah mengantuk saat bekerja. Sayangnya, penderita radang tenggorokan justru bisa mengalami radang tenggorokan yang cukup parah karena kandungan kopi ini menambah penderitaan sakit tenggorokan dimana rasa sakit dan gatal justru akan semakin meningkat.