Makanan yang Dihindari dan Dianjurkan untuk Kesehatan Kulit

Doktersehat.com – Kondisi kulit dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan alami. Berikut adalah makanan yang jika diasup terlalu sering bisa mengurangi keindahan kulit.



1. Makanan yang diproses

Selama pemrosesan, enzim-enzim hidup dan nutrisi dalam makanan akan berkurang bahkan hilang. Karena itu, jika ingin kulit tampak cerah, makanlah hanya bahan makanan berkualitas. Makanan yang mengandung air tinggi, terutama sayur dan buah, akan membantu melembabkan kulit, mengatur produksi minyak, dan membantu detoksifikasi.

2. Daging

Bila memungkinkan, belilah daging organik. Beberapa jenis daging hewan ternak diketahui diberi tambahan hormon dalam makanannya, bahkan antibiotik supaya mereka tidak gampang sakit. Jika kita mengonsumsi dagingnya, maka komponen tambahan dalam pakan tenak itu bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu jerawat dan inflamasi.

3. Gorengan

Jika minyak dipanaskan dalam suhu tinggi, maka minyak dan lemak akan teroksidasi dan akan masuk lewat makanan ke tubuh kita. Minyak yang dipakai berulang kali untuk memasak juga tidak disarankan karena lemaknya sangat kental dan sulit didetoks tubuh. Selain berakibat buruk bagi pembuluh darah, kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng juga akan membuat kolagen dan elastin lambat diproduksi sehingga kulit tampak kendur dan kusam.

4. Gula berlebihan

Gula akan melemahkan sistem imun sehingga tubuh tidak mampu melawan bakteri dengan maksimal, termasuk bakteri penyebab jerawat. Di dalam tubuh, gula bersifat asam sehingga lebih banyak bakteri merugikan yang hidup. Ini berarti lebih banyak toksin dan membuat kulit lebih kusam. Selain itu, makanan yang mengandung gula tinggi juga menyebabkan kadar gula darah cepat naik sehingga kadar insulin banyak beredar dalam darah. Studi terbaru menunjukkan hal tersebut juga akan memicu jerawat.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

5. Kafein berlebih

Penelitian menunjukkan, konsumsi 2-3 cangkir minuman berkafein setiap hari akan memicu respons adrenocortical pituitary yang akan meningkatkan level kortisol dalam tubuh. Kelebihan hormon kortisol (dikenal sebagai hormon stres) terbukti mempercepat proses penuaan dan merusak kulit. Kopi juga bersifat diuretik dan membuat tubuh dehidrasi sehingga penampilan kulit pun jadi terganggu.

Jika ingin memiliki kulit yang kencang dan awet muda, perbanyaklah konsumsi makanan sehat seperti:

1. Bayam dan asparagus

Kandungan copper dalam sayuran ini cukup bermanfaat bagi kulit. Mineral ini berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas. Copper juga dapat memicu produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit akan tampak lebih kencang.

2. Buah kiwi, brokoli, dan parsley

Bahan-bahan ini kaya akan kandungan vitamin C-nya. Vitamin C adalah antioksidan yang ampuh untuk melindungi kesehatan. Antioksidan akan menekan hormon kortisol yang bereaksi terhadap stres dan juga memberi perlindungan dari radikal bebas.

3. Goji beri, blackcurrants, dan anggur merah

Buah-buahan ini mengandung polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga kulit. Goji beri sendiri adalah buah yang dapat membantu memperbaiki kulit dan juga mengandung anti aging.

Itu dia makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi agar kulit nampak awet muda dan senantiasa sehat.

Dari berbagai sumber