Makanan yang Dianggap Sehat Ini Ternyata Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes Tipe 2

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Jika mereka menerapkan pola makan yang tidak sehat, bisa jadi mereka akan mengalami komplikasi yang bisa membuat mereka meninggal dunia. Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh penderita diabetes adalah dalam hal memilih camilan. Mereka harus benar-benar berhati-hati dalam memilih camilan karena beberapa jenis camilan yang sepertinya sehat ini ternyata juga memiliki kadar gula yang berbahaya bagi para penderita diabetes.



Jus buah
Pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi buah secara langsung alih-alih jus buah. Di dalam jus buah, kita bisa mendapatkan 60 gram karbohidrat. Kandungan serat pada buah juga cenderung rusak saat kita membuat jus. Disamping itu, besar kemungkinan jus yang kita beli di supermarket atau pinggir jalan ini juga memiliki kandungan gula sehingga tentu akan berbahaya jika dikonsumsi.

Yoghurt buah
Kombinasi yoghurt dan buah sepertinya sangatlah sehat bagi tubuh. Namun, penderita diabetes ternyata sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, ada kemungkinan yoghurt buah yang kita beli juga memiliki kandungan pemanis. Pakar kesehatan sendiri lebih menyarankan konsumsi greek yoghurt rendah lemak yang lebih aman.

Makanan kemasan yang berlabel rendah lemak
Beberapa makanan kemasan yang berlabel rendah lemak seperti selai kacang atau saus salad ternyata tidak baik bagi penderita diabetes.

Oatmeal yang memiliki tambahan rasa
Oatmeal memang termasuk dalam makanan sehat. Sayangnya, oatmeal dengan tambahan rasa buah ini bisa jadi memiliki tambahan gula dan bahan lain yang bisa membahayakan kesehatan penderita diabetes.

Granola
Granola seringkali dilapisi madu, gula, dan buah kering. Hal ini tentu membuat penderita diabetes mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang bisa membuat kesehatan penderita diabetes semakin memburuk.