Makanan yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Anda

DokterSehat.Com – Banyak pekerja maupun pelajar yang mengeluhkan kondisi harian mereka dimana mereka kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga banyak pekerjaan yang akhirnya terbengkalai dan pelajaran yang tidak bisa dicerna. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang kurang baik bukan? Untuk membuat kita mudah berkonsentrasi, kita ternyata harus memberikan otak asupan yang baik sehingga akan semakin fokus dan mudah untuk berkonsentrasi. Berikut adalah makanan yang bisa membuat otak berfungsi semakin baik dan meningkatkan daya ingat.



Sarapan Pagi Adalah Kuncinya
Sarapan pagi adalah modal terbaik untuk bisa melakukan berbagai aktifitas harian dengan baik. Jangan pernah sepelekan hal ini karena jika sekali saja kita melewatkan sarapan pagi, kita bisa kehilangan fokus, daya memperhatikan, serta penurunan memori dengan signifkan. Untuk membuat otak kita mudah untuk berkonsentrasi, kita tentu harus mengkonsumsi makanan terbaik untuk sarapan pagi kita layaknya susu, biji-bijian berserat, hingga buah-buahan. Selain itu, makanan yang memang sangat baik bagi otak layaknya ikan juga bisa kita konsumsi untuk sarapan pagi dan makan siang sehingga konsentrasi kita bisa bertahan lama. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik bagi perkembangan dan fungsi otak. Beberapa pakar kesehatan bahkan mengklaim jika mereka yang rajin mengkonsumsi ikan bisa mengurangi masalah daya ingat di usia tua.

Makanan Kaya Gula Tingkatkan Kewaspadaan
Makanan yang kaya kandungan glukosa atau gula ternyata juga bisa membuat tingkat kewaspadaan menjadi lebih baik. Makanan kaya karbohidrat layaknya beras, roti-rotian, atau bahkan gandum akan membantu kita mendapatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Hanya saja, kita harus membatasi konsumsi makanan ini mengingat bisa berdampak buruk bagi bagian tubuh yang lain. Selain itu, saat menjelang siang atau setelah jam makan siang, kita bisa mengkonsumsi minuman berkafein secukupnya agar kita tetap terjaga dan pekerjaan kita pun bisa dengan mudah kita selesaikan dengan baik. Minuman berkafein ternyata bisa memberikan energi dalam jangka pendek yang tentu bisa membantu fokus dan konsentrasi pada otak.

Baca Juga:  Apakah Pria Juga Mengalami Menopause Layaknya Kaum Hawa?

Cokelat yang nikmat ternyata juga bisa membuat otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi. Coklat hitam yang kaya dengan antioksidan dan stimulan alami kafein bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi tanpa harus menambah kandungan kalori, gula, atau bahkan lemak. Selain itu, kita bisa mengkombinasikan coklat dengan kacang-kacangan yang diyakini bisa mencegah penurunan kognitif otak.