Makanan yang Bisa Menodai Gigi Anda

Doktersehat.com – Gigi yang putih dan sehat tentulah menambah rasa percaya diri Anda. Bleaching gigi merupakan salah satu cara cepat untuk memutihkan gigi. Walaupun demikian, gigi juga perlu dirawat agar tidak kembali menguning. Salah satunya dengan menghindari makanan-makanan berikut ini, seperti yang dilansir Everyday Health:



1. Kopi

Pori yang terdapat pada lapisan terluar gigi dapat membuat cairan seperti kopi hitam dengan mudah meresap dan menimbulkan bekas noda di gigi. Bagi Anda yang senang minum kopi disarankan untuk mengonsumsi susu agar gigi tetap cerah dan kuat.

2. Teh

Teh yang berwarna gelap juga dapat membuat warna gigi menjadi kuning. Jika Anda gemar mengonsumsi teh, sebaiknya pilihlah teh herbal atau teh hijau.

3. Soda

Noda pada gigi juga dapat disebabkan kandungan zat pewarna dan asam yang terdapat pada minuman bersoda. Kandungan pemanis buatan dan perasa dalam soda dapat mengeroposkan gigi. Maka kurangi mengonsumsi soda dan gunakan sedotan saat meminumnya.

4. Soy Sauce

Saus sushi  yang berwarna gelap ini juga dapat merubah warna gigi. Sodium yang terkandung dalam saus ini juga dapat membuat gigi rapuh.

5. Buah Berry
Blackberry, ceri, blueberry, cranberry, pomegranate, dan buah- lainnya yang berwarna terang juga dapat meninggalkan noda di gigi. Segeralah menyikat gigi dan gunakan floss setelah mengonsumsinya.

6. Kari
Warna kari yang kuning bisa mengubah warna gigi menjadi kuning. Agar warna kuningnya tidak menempel lebih lama, selalu sikat gigi Anda usai mengonsumsi makanan berkari.

Sumber: wolipop.detik.com