Makanan Yang Bisa Mengganggu Kesuburan Wanita

DokterSehat.Com – Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kemandulan pada seorang wanita, diantaranya hormon dan makanan. Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk memiliki buah hati, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari karena makanan tersebut bisa menyebabkan kemandulan.

3

Agar Anda bisa segera hamil, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari :

• Makanan yang mengandung gula tinggi
Salah satu makanan yang dipercaya dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang adalah makanan yang tinggi akan kadar gula seperti kentang tumbuk, donat, kentang goreng, nasi putih dan juga labu.

• Makanan yagn terlalu manis atau asin
Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak akan baik, termasuk juga makanan yang banyak mengandung gula maupun garam. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat seorang wanita tidak dapat memiliki keturunan.

• Kafein
Para kaum wanita yang sedang merencanakan program kehamilan sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaannya mengkonsumsi kafein. Karena mengkonsumsi kafein setiap hari yang lebih dari 300 gram dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.

• Makanan instan
Bahan makanan yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita salah satunya adalah makanan olahan (makanan instant) seperti makanan yang dipanggang dan makanan kemasan karena di dalam makanan kemasan tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi.

• Telur dan daging mentah
Bagi Anda kaum wanita yang sedang merencanakan program kehamilan, sangat disarankan untuk menghindari telur dan juga daging yang masih dalam kondisi mentah. Kedua makanan tersebut berdasarkan penelitian mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan tingkat kesuburan wanita menjadi menurun.

• Susu dan keju yang tidak melewati proses pastreurisasi
Susu maupun keju yang tidak di pasteurisasi akan mengandung banyak bakteri listeria di dalamnya. Bakteri tersebut akan melewati plasenta dan kemudian mempengaruhi rahim wanita. Hal inilah yang menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita.

Baca Juga:  Lemas Saat Menstruasi Bisa Dihilangkan Dengan Cara-Cara Berikut

• Makanan yang mengandung kedelai
Meski kedelai adalah salah satu makanan sehat, namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau bahkan berlebihan. Mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak bisa menurunkan LH (leutinizing hormone) dan juga SH (follicle-stimulating hormone) dan juga dapat memperpanjang siklus menstruasi. Dimana hal-hal tersebut dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita.

Jadi, jika Anda merencanakan program kehamilan, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi kesuburan Anda dan juga pasangan Anda ke dokter. Dukung juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan.