Makanan Yang Bisa Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

DokterSehat.Com – Ada sebuah anggapan yang berkembang erat di masyarakat dimana makanan yang enak dan nikmat untuk dinikmati akan cenderung kurang sehat. Memang, anggapan ini bisa diperdebatkan mengingat ada banyak makanan sehat dari bahan sayuran maupun buah-buahan yang juga sangat nikmat untuk dikonsumsi. Hanya saja, kita memang kini harus lebih selektif dalam memilih bahan makanan mengingat ada banyak sekali bahan makanan yang kaya akan kadar kolesterol jahat yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau stroke. Apa sajakah makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi?

doktersehat-cumi-makanan-laut

Pakar kesehatan Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, SpGK dari FK Universitas Indonesia setidaknya membuat beberapa daftar makanan yang kaya akan kolesterol. Yang paling tinggi ternyata adalah telur puyuh yang banyak disukai oleh masyarakat baik itu dijadikan lauk makanan sehari-hari maupun sebagai camilan berbentuk sate. Tercatat, telur puyuh memiliki kadar kolesterol sebesar 3.640 mg untuk setiap 100 gramnya. Setelah telur puyuh, otak sapi ternyata juga memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi, yakni 2.300 mg untuk setiap 100 gram bahan makanan ini. Setelah itu, kuning telur ayam yang nikmat itu ternyata juga memiliki setidaknya 2.000 mg kolesterol untuk setiap 100 gramnya. Makanan laut yang nikmat yakni cumi-cumi ternyata juga memiliki 1.170 mg kolesterol untuk setiap 100 gramnya.

Beberapa bahan makanan lain yang memiliki kandungan kolesterol tinggi namun dibawah 1.000 mg untuk setiap 100 gramnya adalah Jeroan sapi dengan 380 mg, mentega atau margarin dengan 300 mg, susu sapi dengan 250 mg, santan kelapa yang banyak dipakai untuk makanan bersantan yakni sekitar 185 mg, hingga makanan laut kerang dan udang sekitar 160 mg. Yang mengejutkan adalah, daging sapi atau daging kambing yang sering kita anggap sebagai biang keladi kolesterol tinggi ternyata memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah dari telur puyuh, yakni 105 mg dan juga 70 mg.