Makanan Yang Bisa Membuat Produksi ASI Melimpah

DokterSehat.Com – Ibu yang menyusui tentu berharap agar produksi ASI nya melimpah setiap hari sehingga sang bayi bisa tercukupi nutrisinya sehingga pertumbuhan fisik dan kecerdasannya bisa berlangsung dengan baik. ASI sendiri adalah makanan satu-satunya yang bisa dikonsumsi oleh bayi dengan usia hingga enam bulan sebelum disertai dengan makanan pendamping ASI. Untuk memastikan bahwa produksi ASI tetap melimpah, ibu hamil sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan-makanan berikut dengan rutin.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Selain sebagai pemberi nutrisi paling utama yang dibutuhkan oleh bayi. ASI sendiri memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan bayi dari berbagai serangan infeksi dan penyakit layaknya penyakit pernafasan, diare, dan lain sebagainya. Jenis makanan utama yang diyakini bisa membuat produksi ASI melimpah adalah air putih. Meskipun terlihat sepele, air yang kaya mineral ternyata mampu membuat ibu menyusui terhidrasi dengan baik dan mencegahnya tidak mudah merasa lelah. Jika ibu menyusui mengkonsumsi air putih dengan cukup dalam sehari, maka produksi ASI pun akan menjadi lancar.

Sayuran layaknya wortel ternyata juga diyakini mampu membantu produksi ASI tetap melimpah. Wortel sendiri memiliki nutrisi vitamind an mineral yang cukup banyak dan mendukung produksi ASI pada ibu menyusui. Wortel bisa dijadikan bahan campuran sayuran atau bahkan dikonsumsi langsung oleh ibu menyusui.

Oatmeal yang merupakan makanan yang kerap dikonsumsi untuk sarapan ternyata juga bisa membantu ibu hamil tetap mendapatkan produksi ASI yang melimpah. Jika ibu hamil mengkonsumsi oatmeal yang kaya akan serat ini, maka produksi ASI pun semakin lancar dan resiko mendapatkan masalah tekanan darah tinggi pun semakin menurun.

Produksi ASI pada ibu menyusui juga bisa dibantu dengan konsumsi kacang-kacangan berjenis almond maupun pistachio. Kacang-kacangan ini bisa dijadikan camilan bagi ibu menyusui selama bayi berusia enam hingga dua belas bulan sehingga produksi ASI pun tetap lancar bagi sang buah hati.