3 Jenis Makanan yang Berpotensi Menyebabkan Keracunan

doktersehat-makanan-sebabkan-faringitis-puasa

DokterSehat.Com– Ada banyak penyebab tubuh keracunan, salah satunya adalah makanan. Mungkin selama ini Anda pernah melihat atau mendengar seseorang mengalami keracunan makanan yang disebabkan oleh zat kimia yang tercampur dengan makanan itu sendiri atau karena makanan yang dimakan sudah kedaluwarsa dan basi.

Namun, keracunan makanan tidak hanya disebabkan oleh kedua faktor itu saja. Sebab, ternyata salah satu pemicu keracunan bisa disebabkan oleh kandungan berbahaya yang terkandung di dalam makanan itu sendiri. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa makanan yang  biasa dikonsumsi setiap hari yang ternyata bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian.

1. Singkong

Tahukah Anda bahwa makanan favorit mayarakat Indonesia ini ternyata bisa mejadi racun? Hal ini dikarenakan singkong mengandung zat berbahaya, yakni sianida yang dapat bereaksi dan membunuh Anda. Salah satu singkong yang bisa menjadi racun adalah singkong tahunan, yakni singkong yang sudah lama tidak menghasilkan ubi selama beberapa tahun.

2. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang sangat digemari karena memiliki rasa enak dan manis ketika sudah matang. Akan tetapi, dibalik rasanya yang enak, mangga juga bisa menjadi makanan yang beracun. Hal ini dikarenakan manga merupakan bagian dari genus anacardiaceae yang akan menghasilkan zat yang dikenal sebagai urushiol, yakni zat putih dan lengket pada mangga. Tidak sedikit orang memiliki alergi terhadap zat urushiol, sehingga saat mereka makan mangga, maka kulit mereka akan menjadi melepuh dan timbul ruam. Sementara bagi mereka yang sensitive terhadap respon imun, bukan hanya ruam yang dialami, melainkan reaksi alergi yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian.

3. Almond

Apakah Anda termasuk seseorang yang menyukai almond sebagai cemilan? Jenis kacang ini memang dikenal akan kelezatannya. Selain itu, kacang almond juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun, kacang almond yang memiliki rasa pahit mengandung hidgrogen sianida dengan jumlah yang besar, sehingga Anda harus mewaspadainya. Sebab, ketika Anda mengonsumsi 7 hingga 10 kacang almond mentah, maka beberapa masalah kesehatan akan mengintai Anda.