Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kelenjar Tiroid

DokterSehat.Com – Makanan sehat untuk penderita kelenjar tiroid memang belum banyak orang yang mengetahui, maka dari itu kami akan memberikan informasinya untuk anda untuk menambah wawasan kita tentang penyakit kelenjar tiroid. Langsung saja kita simak informasinya berikut ini.



Seperti yang diketahui, penyakit kelenjar tiroid adalah penyakit yang menyerang kelenjar pada bagian leher. Kelenjar tiroid membengkak karena disebabkan kelebihan hormon tiroid (hipertiroid). Penyakit kelenjar tiroid sering juga disebut penyakit gondok. Penyakit ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan sulit untuk menelan makanan karena akan terasa sakit. Penderita tiroid disarankan untuk pandai dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi agar penyakit kelenjar tiroid tidak bertambah buruk. Sebagai referensi, kami telah merangkum makanan yang  apa saja yang sehat untuk penderita penyakit kelenjar tiroid seperti berikut ini :

  • Makanan yang mengandung zat besi
    Meskipun manusia hanya membutuhkan sejumlah kecil zat besi di dalam tubuhnya, namun zat besi penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Contoh dari makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang-kacangan, sereal, dan biji-bijian.
  • Makanan yang mengandung zat antioksidan
    Kerusakan radikal bebas di dalam tubuh dapat dikaitkan dengan peningkatan hormon tiroid. Untuk melawannya, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E.
  • Makanan yang mengandung vitamin D
    Penelitian menunjukkan saat tubuh kekurangan vitamin D maka akan mudah terkena penyakit hipertiroid dan kepadatan mineral tulang Anda akan berkurang. Oleh karena itu coba konsumsi sereal, ikan, dan jamur yang kaya akan vitamin D.
  • Makanan yang mengandung kalsium
    Makanan yang kaya akan kalsium mampu membantu tubuh Anda dalam melawan hipertiroid. Sebab saat Anda menderita hipertiroid, vitamin dan nutrisi yang ada di dalam tubuh Anda akan terkuras dan dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Makanan yang kaya akan kalsium adalah susu, brokoli, bayam, kacang-kcangan, dan ikan.