Makanan Yang Baik Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat erat dengan mereka yang sudah berusia lanjut adalah masalah nyeri sendi. Bagi mereka yang sudah mendapatkan usia lebih dari 30 tahun, maka banyak sekali sistem tubuh yang mulai mengalami penurunan, salah satunya adalah semakin menurunnya fungsi pelindung otot dan sendi akibat semakin minimnya kalsium atau sejenis pelumas yang melindungi persendian. Jika hal ini terjadi, maka persendian yang bisa membuat tulang-tulang bergerak pun bisa mengalami rasa nyeri dan menurunkan kualitas hidup. Kita sendiri bisa mencegah hal ini jika kita mampu memenuhi asupan gizi harian dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa mengatasi nyeri sendi seperti sebagai berikut.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Makanan pertama yang diyakini mampu mencegah nyeri sendi adalah ikan salmon. Tahukah anda, tulang rawan yang banyak terdapat pada persendian akan jauh lebih mudah mengalami robekan kecil setelah usia 30 an. Robekan kecil inilah yang pada akhirnya bisa memicu peradangan dan rasa nyeri yang sangat kronis saat sendi digerakkan. Dengan mengkonsumsi ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3, maka peradangan ini pun bisa dicegah. Salmon sendiri juga dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan vitamin D yang tentu akan mendukung kesehatan tulang dan persendian.

Makanan berikutnya yang bisa kita konsumsi untuk mencegah nyeri sendi adalah apel. Kandungan antioksidan bernama quercetin di dalam apel diyakini sangat efektif mencegah radang sendi atau arthritis. Quercetin sendiri bisa menjaga kolagen pada tulang rawan sehingga saat tulang atau sendi digerakkan, rasa nyeri bisa dicegah dengan lebih baik. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan quercetin akan paling banyak ditemui pada kulit apel, khususnya apel berwarna merah, sehingga ada baiknya apel dikonsumsi tanpa dikupas.

Baca Juga:  Cara Membesarkan Payudara Secara Alami

Kita juga bisa mengkonsumsi brokoli yang kaya akan kandungan sulforaphane. Sulforaphane sendiri akan sangat baik dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, banyaknya kandungan kalsium juga akan lebih efektif menjaga persendian sendi. Dengan rajin mengkonsumsi brokoli, maka kita pun akan lebih baik dalam mencegah nyeri sendi.