Makanan yang Akan Mempercepat Penuaan Dini

DokterSehat.com– Makanan yang kita konsumsi berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kulit. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika sering dikonsumsi dapat mempercepat proses penuaan atau kulit yang keriput. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tergolong sebagai penyebab tersebut:

6

Minuman berkarbonasi

Jenis minuman ini memiliki kadar gula tinggi dengan nutrisi yang rendah. kandungan gula ini dapat memicu obesitas yang dapat meningkatkan resiko hipertensi, diabetes, dan stroke. Sedangkan efek pada kulit, dengan kadar gula darah yang tinggi, proses glikasi akan merusak kolagen pada tubuh. kolagen yang lentur akan rusak, dan berubah menjadi keras, sehingga muncul kerutan pada kulit.

Kopi

Kandunagn kafein yang terdapat dalam kopi ternyata dapat meningkatkan hormon stres. Hal ini berkaitan dengan kontribusi stres yang akan mepercepat penuaan dini. Hormon stres yang disebut kortisol yang melambung akan membuat otot-otot menjadi letih, sehingga membuatnya cepat menyusut.

Daging olahan

Salah satu jenis daging olahan yang tergolong sebagai penyebab penuaan dini adalah sosis. Makanan yang enak dan praktis untuk disajikan ini dapat memicu resiko kanker kolorektal. Zat N-nitroso yang terkandung di dalamnya bersifat karsinogenik. Zat ini merupakan bahan tambahan nirit yang dicampurkan dengan daging olahan.

Keripik dan kentang goreng

Makanan yang digoreng pada suhu yang tinggi akan memicu pembentukkan lemak trans-fat. Konsumsi makanan ini dengan intensitas yang sering dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Daging merah

Protein dalam daging memang sangat dibutuhkan tubuh. Namun jika terlalu banyak protein hewani dapat memicu kadar kalsium tulang yang berkurang. Sehingga dapat berakibat pada osteoporosis.

Nasi putih dan roti putih

Jenis karbohidrat ini bukanlah karbohidrat kompleks yang kaya serat. Dengan indeks glikemik tinggi makanan ini sangat cepat dicerna dan diserap ke dalam peredaran darah, sehingga kadar gula dapat melonjak dalam waktu yang singkat. Hal ini akan membuat sel berubah dan menua lebih cepat.

Baca Juga:  E COLI ENTEROHEMORAGIK Bakteri Penyebab Diare Mematikan

Dengan demikian bukan berarti kita harus 100 % menghindari jenis makanan-makanan tersebut. Namun kurangi konsumsi atau ganti jenis makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Selain itu perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung seng, selenium, vitamin C, dan beta karoten yang akan memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen akan berfungsi menjaga kulit agar tetap kenyal dan melindungi kulit dalam melawan radikal bebas. Perbanyak pula makanan yang mengandung asam lemak omega3 dan Alpha Linolenic Acid (ALA) yang terkandung pada beberapa jenis makanan seperti alpukat, salmon, dan minyak zaitun.