Makanan Untuk Otak Cemerlang

DokterSehat.Com – Memiliki otak yang cerdas yang dapat berpikir secara cepat dan tepat merupakan harapan setiap orang. Apabila otak kita dapat melakukan hal tersebut, maka pekerjaan dan tantangan yang kita hadapi setiap hari dapat tuntas dengan cepat pula.

14601014695_dd8c815c39_o

Untuk dapat melakukan itu semua, otak kita juga membutuhkan makanan atau nutrisi yang di butuhkannya. Lalu, makanan apa saja yang dapat membantu mencerdaskan otak?

Berikut empat makanan yang mampu cegah otak jadi pikun :

• Blueberry
Buah yang satu ini memang tak tumbuh di Indonesia, namun manfaatnya sangat hebat bagi otak. Buah ini mengandung antioksidan yang menyehatkan otak. Senyawa di dalamnya mampu melindungi sel-sel otak dari oksidasi dan meningkatkan komunikasi neuron otak.

• Minyak zaitun
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer menemukan fakta bahwa minyak zaitun extra virgin meningkatkan ingatan. Penelitian lain juga temukan manfaat minyak ini terkait dengan penurunan risiko Alzheimer.

• Sayuran berdaun hijau
Kaya dengan Vitamin K, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, kaya terbukti memperlambat penurunan kognitif. Hebatnya, orang yang konsumsi 1-2 porsi sayuran hijau setiap hari kemampuan kognitifnya 11 tahun lebih muda dibanding orang yang jarang konsumsi.

• Ikan laut
Ikan laut mengandung dua nutrisi utama yang membantu otak tetap tajam, yakni lemak Omega-3 dan Vitamin D. Penelitian dari Tuffts University, Amerika Serikat menemukan orang yang konsumsi salmon, tuna, dan halibut secara rutin tiga kali seminggu risiko terkena Alzheimer berkurang hingga 40 persen.

BACA JUGA : Meminimalkan Selulit pada Masa Hamil