Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim Selama Kehamilan

DokterSehat.Com – Kehamilan merupakan masa yang sangat membanggakan, apalagi bagi wanita atau pasangan yang baru saja mengalaminya. Embrio berkembang dalam perut ibu hamil hingga 42 minggu lamanya. Pada masa awal kehamilan atau dikenal dengan istilah trimester memiliki kebutuhan yang berbeda :



  • Trimester pertama yang membutuhkan makanan yang mengandung asam folat dan beberapa makanan yang dapat menguatkan janin anda dikarenakan pada bulan-bulan pertama sangat rentan terhadap keguguran.
  • Trimester kedua berbagai organ-organ tubuh mulai berkembang, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya harus disertai dengan dukungan dari asupan nutrisi yang sesuai. Pengaturan pola makan harus anda perhatikan begitu juga.
  • Trimester akhir dimana mendekati minggu persalinan. Beberapa makanan yang sangat membantu dalam menyediakan energi dapat anda konsumsi dengan kebutuhan yang disesuaikan. Berbagai cara dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang janin dari mulai makanan yang bernutrisi hingga latihan bagi ibu hamil.

Meskipun demikian ibu hamil tidak saja sekedar kebutuhan asupan nutrisi dan latihan kehamilan akan tetapi ternyata ibu hamil berharap bahwa bayi yang mereka lahirkan kelak memiliki kulit yang putih dan bersih. Bahkan mitos yang beredar dimasyarakat kulit bayi yang bersih dan putih dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan air ketuban dari asupan makanan, betulkah demikian? Pada umunya kulit yang putih berasal dari gen alias diwariskan dari keluarga baik dari ibu ataupun ayah sehingga beberapa makanan tidak dapat mengubah gen tersebut akan tetapi dalam menjaga air ketuban yang bersih dan putih (tidak keruh) sehingga menjaga kesehatan rahim selama kehamilan dapat anda pilih beberapa makanan berikut :

  • Air putih
    Ibu hamil memang disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya, anda disaranakan untuk mengkonsumsi air putih yang berpengaruh pada kejernihan air ketuban dan dapat membuat metabolisme yang lebih lancar pada tubuh anda. Beberapa ibu hamil merasakan mual ketika mengkonsumsi air putih, anda dapat mengkonsumsi air putih yang hangat dengan sedikit rasa dari perasaan lemon tentu saja tanpa tambahan gula.
  • Kacang hijau
    Kacang hijau memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk ibu hamil, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya adalah kandungan asam folat, protein, vitamin B1 dan B2 adapula kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh ibu hamil.Selain itu kandungan protein nabati yang di miliki oleh kacang hijau dapat membantu perkembangan ibu hamil. Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau akan membantu dalam menjaga kejernihan air ketuban dan tentunya kesehatan janin lebih terjaga.
  • Air kelapa muda
    Berbagai ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air kelapa pada usia kandungan 6 bulan ke atas. Kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa akan membantu dalam menjaga kesehatan rahim terutama kebersihan air ketuban. Dengan terjaganya kebersihan air ketuban akan membantu anda dalam menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan anda.
Baca Juga:  Makan Secara Berlebihan Dapat Merusak Otak

Dengan demikian bagi anda yang sedang hamil, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan membantu anda dalam menjaga perkembangan bayi di dalam kandungan. Begitu juga manfaat yang dihasilkan oleh makanan yang anda konsumsi dalam menjaga beberapa faktor pendukung kesehatan termasuk makanan yang membantu anda dalam menjaga kesehatan rahim dan air ketuban yang tetap jernih.