Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas ASI

doktersehat meningkatkan kualitas ASI

DokterSehat.Com– ASI merupakan makanan utama bagi bayi di beberapa bulan pertama kehidupannya. Bukan hanya makanan, namun ASI juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang masih rentan. Karena itu ibu disarankan untuk memberikan ASI dengan maksimal pada si kecil.

Dalam hal memberikan ASI untuk bayi, banyak orang tua yang hanya fokus untuk meningkatkan kuantitas jumlah ASI. Padahal kualitas ASI yang diberikan juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kualitas ASI yang baik adalah yang mengandung segala nutrisi meliputi lemak, karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan air. Semakin baik kualitas ASI maka perlindungan yang diberikan ASI untuk tubuh juga akan semakin maksimal.

Kualitas ASI utamanya ditentukan oleh makanan yang dimakan oleh ibu. Ibu disarankan mengonsumsi sumber karbohidrat yang baik, seperti roti gandum dan beras coklat. Selain itu ibu juga perlu mengonsumsi beragam sumber protein seperti ayam, telur dan ikan. Beberapa bahan makanan lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI di antaranya:

1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat dan kalium dalam jumlah tinggi. Kalium dapat membantu stamina Anda sehingga Anda tidak mudah lelah. Mengonsumsi pepaya selain baik untuk ASI juga baik untuk daya tahan tubuh Anda.

2. Jambu air

Jambu air merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi. Jambu air mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor dan zat besi. Jambu air baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang meningkatkan fungsi otot dan saraf serta baik bagi sistem kekebalan tubuh bayi.

3. Kacang hijau

Kacang hijau dipercaya baik untuk meningkatkan kualitas ASI sejak turun-temurun. Kacang hijau kaya akan protein, vitamin B1, asam folat, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan sulit konsentrasi dan badan mudah lemas. Selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan yang dapat memicu hormon oksitosin untuk melancarkan ASI.

4. Edamame

Edameme mengandung protein, vitamin K, mangan, folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium. Untuk memenuhi asupan protein sehari-hari ibu bisa mengomnsumsi edamame selain mendapat asupan protein dari berbagai jenis daging.