Makanan Untuk Mata Sehat

DokterSehat.Com – Mata merupakan salah satu organ vital yang termasuk ke dalam panca indra yang berfungsi untuk melihat. Tanpanya, maka semua akan terasa gelap dan suram karena kita tidak bisa melihat dunia ini beserta segala keindahannya. Oleh karena itu, kita perlu menjaga karunia ini dengan berbagai cara, termasuk dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk mata.



Dengan membiasakan diri mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk mata, bisa membuat mata kita sehat dan bisa beroperasi secara normal. Apa sajakah yang termasuk ke dalam jenis makanan yang bisa menyehatkan mata tersebut?? Berikut jawabannya :

  • Kubis
    Kandungan beta karoten yang tinggi dalam kubis membuat degenerasi makula dan katarak bisa dihindari. Selain itu, kubis dan kandungan beta karotennya bisa melindungi retina.
  • Quinoa
    Jenis makanan sehat untuk mata selanjutnya adalah sejenis tamanan rumput dengan bentuk yang bulat kecil dan berkulit agak sedikit keras. Untuk warnanya sendiri bervariasi, dari yang berwarna coklat muda hingga warna kemerahan. Makanan ini sangat berfungsi agar resiko terjadinya degenerasi makula bisa dikurangi.
  • Tiram
    Nutrisi lain yang dibutuhkan mata selain vitamin adalah mineral jenis seng. Dan untuk mendapatkan supply seng yang tinggi, maka kita bisa memilih tiram sebagai makanan yang bisa dikonsumsi. Seng yang terdapat dalam tubuh bisa mendukung kinerja vitamin A dalam membuat melanin (pigmen yang berfungsi untuk melindungi mata).
  • Jus jeruk
    Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang baik untuk mata membuat jenis makanan sehat untuk mata ini banyak dipilih. Kandungan yang dimiliki jus jeruk tentu saja Vitamin C, yang berfungsi sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pembuluh mata, mengurangi kemungkinan katarak.
  • Kacang tanah
    Makanan yang mudah didapat ini termasuk ke dalam salah satu jenis makanan sehat untuk mata. Yang membuatnya berkhasiat demikian adalah kandungan asam lemak omega 3, dan vitamin E yang menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Secara medis, vitamin E bisa membantu orang yang biasa mengkonsumsinya terhindar dari katarak dan makula. Sedangkan omega 3 bisa meminimalisir berbagai kemungkinan hadirnya penyakit mata.