Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika salah satu cara untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi adalah dengan memperhatikan makanan apa saja yang kita konsumsi? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang kaya akan serat tinggi dan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara efektif. Makanan tersebut antara lain adalah.

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Gandum
Makanan pertama yang sebaiknya dipilih untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah biji-bijian gandum dan serealia (dikenal sebagai sereal atau biji-bijian) yang masih memiliki kulit ari dalam keadaan utuh.

2. Minyak Nabati
Kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak kanola, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun untuk menurukan kolesterol. Selain mengandung antioksidan, minyak tersebut mengandung zat minyak nabati yang baik untuk menurunkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker.

3. Ikan
Salah satu cara enak untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi 2 hingga 3 porsi ikan setiap minggunya. Daging ikan bisa kita jadikan sebagai pengganti daging sekaligus sebagai sumber asam lemak omega 3 yang mampu menekan kadar kolesterol dalam tubuh secara efektif.

doktersehat-kacang-almond-diet

4. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, walnut, atau kacang almond bisa kita jadikan camilan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kacang tanah mengandung 80% lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar LDL dan mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Buah dan Sayur
Beberapa jenis buah-buahan seperti apel, anggur, stroberi, dan jeruk kaya akan kandungan pektin, semacam serat larut yang mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kita juga bisa memilih terung yang kaya akan serat larut dan alpukat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi.

Baca Juga:  Jantung Koroner - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

6. Kedelai
Beberapa jenis makanan dari produk kedelai seperti tempe, tahu, dan juga susu kedelai ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara efektif karena kandungannya yang tinggi serat, rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol.

7. Makanan dengan Sterol dan Stanol
Sterol dan stanol adalah molekul yang mampu mencegah penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga dapat dibuang bersama dengan sisa makanan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi 2 gram sterol dan stanol setiap hari bisa menekan kadar kolesterol jahat hingga 10 persen lebih rendah. Kedua kandungan ini sendiri bisa ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.