Makanan Untuk Kesehatan Hati

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan agar segala kegiatan sehari-hari dapat kita lakukan dengan optimal pula, tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang salah satunya hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang kita miliki yang memiliki berbagai fungsi yang tidak dapat tergantikan dengan organ lainnya.



Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat penting seperti melwan infeksi yang menyerang tubuh anda, memproses makanan yang telah di serap dari usus kita, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah, membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda. Dari berbagai fungsi hati yang telah disebutkan diatas, kita akhirnya mengetahui betapa penting fungsi hati dalam tubuh anda.

Berikut ini makanan sehat untuk hati :

  1. Sayuran aberdaun
    Sayuran tinggi dalam klorofil yang mengeluarkan racun dari aliran darah saat menetralkan pestisida, logam berat dan bahan kimia dalam tubuh untuk membantu melindungi hati. Bahan makanan seperti sawi, dandelion hijau, labu pahit, arugula atau sawi putih dapat dikonsumsi dengan dijus, mentah atau dimasak untuk mendapatkan manfaat ini. Sayuran mengandung glukosinolat yang dapat meningkatkan produksi enzim hati untuk memberihkan karsinogen. Kubis dapat membantu untuk merangsang enzim-enzim detoksifikasi dalam hati untuk meningkatkan fungsi secara keseluruhan.
  1. Jeruk bali
    Antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada jeruk sangat membantu dalam memungkinkan proses pembersihan alami hati, mengkonsumsi secara segar atau diperas menjadi jus jeruk juga dapat membantu untuk merangsang enzim hati yang berguna dalam menghilangkan racun seperti karsinogen dari tubuh.
  1. Lemon dan jeruk nipis
    Buah tinggi vitamin C yang membantu tubuh untuk mensintesis bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui air minum. Mengkonsumsi jeruk nipis atau lemon jus hal pertama di pagi hari juga dikatakan dapat meningkatkan fungsi hati.
  1. Alpukat
    Buah ini tinggi glutation yang membantu untuk membersihkan racun dari hati untuk mencegah kerusakan.
  1. Teh hijau
    Teh hijau dipuji karena mengandung antioksidan catechin yang yang meningkatkan fungsi hati sambil meningkatkan fungsi diet.
  1. Minyak zaitun
    Minyak dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang agar dapat memberikan dasar lipid untuk menyerap bahan kimia berbahaya sehingga hati tidak menderita kelebihan beban. Rami, zaitun dan minyak biji rami dapat digunakan untuk tujuan ini.
Baca Juga:  Terapi Mengatasi Alergi Kacang

Tips sehat untuk jantung yang sehat

  1. Jaga berat badan
    Sebanyak 30 persen orang dengan obesitas juga menderita penyakit hati berlemak yang dapat menyebabkan jaringan parut hati, kanker hati atau gagal hati. Membawa berat badan ekstra di bagian tengah tubuh dapat meningkatkan resistensi insulin yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan kondisi ini. Untuk menghindari hal ini, laki-laki harus menjaga lingkar bagian tengah tubuh yang tidak lebih dari 102cm dan perempuan 88 cm. Makan makanan yang memiliki banyak antioksidan, serat dan vitamin serta berolahraga secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan tingkat berat badan Anda sambil mendorong kesehatan hati.
  1. Hindari makanan iseng
    Diet sering menyebabkan siklus konstan penurunan berat badan dan bisa menjadi stres pada hati Anda. Setiap produk yang mengklaim akan menghilangkan sejumlah besar berat badan dalam jumlah yang sangat singkat sering kekurangan nutrisi penting, menyebabkan Anda mengalami sakit jika Anda bergantung pada mereka. Anda tidak harus mencoba untuk kehilangan lebih dari 1 kg per minggu. Anda juga harus menghindari makanan yang mengklaim untuk detoksifikasi atau membersihkan hati Anda. Tidak ada diet yang terbukti memiliki efek ini. Sebaliknya, mencari makanan bergizi yang akan menguntungkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
  1. Mengurangi asupan lemak
    Tingkat kolesterol dan lemak darah tinggi telah dikaitkan dengan penyakit hati. Menurunkan asupan lemak Anda secara keseluruhan dan berfokus pada mengkonsumsi lemak tak jenuh dapat membantu Anda untuk menghindari konsekuensi ini. Anda juga mungkin perlu menggunakan mediasi jika upaya ini tidak berhasil.
  1. Kurangi minum alkohol
    Mengkonsumsi hanya 20ml alkohol setiap hari, atau 2 minuman beralkohol, dapat menyebabkan kerusakan hati. Wanita sangat rentan terhadap masalah ini. Jika perlu, berbicara dengan dokter Anda tentang program-program yang dapat membantu Anda mengurangi penggunaan alkohol Anda.
  1. Berhenti merokok
    Merokok telah terbukti berkontribusi pada risiko kanker hati. Asap rokok meningkatkan toksisitas beberapa obat yang selanjutnya dapat berdampak pada kesehatan hati.
  1. Tes darah secara teratur
    Tes darah dapat membantu Anda memeriksa kadar glukosa, lemak dan kolesterol Anda untuk memastikan mereka tidak pada titik di mana mereka bisa merusak hati atau organ lain. Jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes itu sangat penting untuk memantau kadar glukosa Anda secara teratur dan mengambil langkah-langkah dengan diet, manajemen berat badan atau obat untuk menjaga tingkat normal.