Makanan Untuk Fungsi Otak Lebih Baik

DokterSehat.Com – Otak adalah tubuh paling penting, berperan seperti komputer yang mengendalikan seluruh bagian tubuh, seperti untuk mengingat, konsentrasi, mnegantuk, mempelajari pengetahuan baru, dan sebagainya. Hal itulah yang membuat otak menjadi organ paling penting dalam tubuh seseorang.

10

Jadi sangat penting untuk senantiasa menjaga kesehatan otak. Kesehatan otak ditandai dengan fungsi otak dan daya ingat yang baik. Jika Anda menjaga dan berusaha untuk meningkatkan kedua hal tersebut, maka aktivitas sehari-hari Anda tidak akan terganggu.

Ada beberapa cara untuk membuat daya ingat dan fungsi otak lebih baik, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan-makanan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah serta tidak harus menguras isi kantong namun dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tetap terjaga.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk daya ingat dan fungsi otak lebih baik :

  • Dark chocolate
    Cokelat memang memiliki rasa yang manis dan enak, selain itu makanan ini juga mengandung flavonoid, yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Mengkonsumsi cemilan ini dalam jumlah sedang akan membantu untuk melancarkan aliran darah ke otak dan mengaktifkan syaraf-syaraf baru dalam otak sehingga Anda bisa membentuk memori baru.
  • Telur
    Selain mudah untuk diolah, telur juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk otak. Telur mengandung vitamin dan mineral serta kaya akan vitamin B12, zat besi dan yodium. Zat besi sendiri adalah zat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, yang bertugas untuk mengangkut oksigen menuju ke otak.
  • Sayur
    Meskipun rasa sayur tidak terlalu enak, namun bahan makanan ini memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh dan otak. Sebut saja brokoli dan bayam, kedua sayuran ini mengandung beta-karoten dan vitamin C yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan kandungan folatnya membantu Anda untuk lebih cepat menangkap dan mengingat sebuah informasi.
  • Minyak ikan
    Bagi Anda yang kesulitan untuk mengingat, sebaiknya Anda memasukkan minyak ikan sebagai tambahan makanan. Minyak ikan, yang biasanya didapatkan di dalam ikan salmon, sarden dan makarel mengandung asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk kesehatan, terlebih lagi untuk otak. Jadi untuk mencegah hilangnya memori dari otak Anda, sebaiknya Anda mengkonsumsi minyak ikan minimal dua kali dalam seminggu.