Makanan Untuk Cegah Wasir

DokterSehat.Com – Wasir kerap kali dikaitkan dengan penyakit para pekerja kantoran yang cenderung duduk dalam waktu yang lama untuk bekerja. Memang, salah satu penyebab utama dari wasir adalah karena penderitanya duduk terlalu lama tanpa melakukan peregangan atau penyegaran setidaknya setiap beberapa jam. Wasir tentu akan membuat posisi duduk tidak nyaman dan bahkan membuat buang air besar bisa menjadi waktu yang sangat menyiksa. Wasir yang merupakan pembengkakan pada pembuluh darah vena di bagian anus bisa menyebabkan masalah buang air besar berdarah. Jika kita adalah orang yang cenderung bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama, kita bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah terjadinya wasir.

shutterstock_292968971 copy

Banyak pakar kesehatan yang mengaitkan wasir dengan kebiasaan orang yang kurang mengkonsumsi serat. Serat yang banyak tersedia dalam sayuran dan buah-buahan bisa menjaga saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan menjaga tubuh agar tidak mengalami sembelit. Anda bisa mengurangi resiko mendapatkan wasir jika rajin mengkonsumsi makanan berserat layaknya kacang-kacangan, buah segar, atau sayuran layaknya wortel dan brokoli setiap hari. Selain serat, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup per harinya. Dengan mengkonsumsi air putih, maka organ pencernaan pun menjadi lebih sehat dan sembelit serta wasir akan dicegah.

Pernahkah anda menahan buang air besar karena tidak ada wc di sekitar anda atau harus melakukan banyak aktifitas sehingga harus menahannya? Hal ini ternyata dapat membuat kotoran menjadi lebih keras dan kering sehingga akan sulit untuk dibuang dan menyebabkan wasir. Disamping itu, jika anda sering mengangkat beban berat, maka pembuluh darah di sekitar anus bias membengkak dan menyebabkan wasir.

Baca Juga:  Sehatkah Diet Dengan Minum Air Saja?

Beberapa pakar kesehatan menyarankan kita untuk membersihkan organ vital layaknya kelamin dan dubur dengan lebih bersih sehingga kambuhnya wasir bisa dicegah. Pembersihan sebelum tidur sangatlah disarankan untuk pencegahan yang lebih maksimal. Disamping itu, jika kita melakukan olahraga teartur setidaknya 20 hingga 30 menit sehari ternyata dapat membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan memudahkan buang air besar yang tentu saja bisa membuat wasir tidak mudah datang.