Makanan Pesta Terkontaminasi Kotoran Manusia, Pengunjung Jatuh Sakit

doktersehat-mual-muntah

DokterSehat.Com– Pada 30 Juni 2018 lalu, 40 orang dilaporkan jatuh sakit setelah menghadiri pesta ulang tahun yang ada di North Carolina, Amerika Serikat. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah karena mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi dengan kotoran manusia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Buzzfeed, sekitar 100 orang datang ke sebuah pesta ulang tahun yang diadakan di Forest Hills Apertments yang ada di Charlotte, North Carolina. Sayangnya, 40 diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena jatuh sakit setelah mengonsumsi makanan di sana.

“Kami sedang mencari orang yang menyiapkan makanan ini karena ada kemungkinan besar ia tidak mencuci tangannya dengan bersih dan membuat makanan yang disajikan terkontaminasi bakteri Shigella,” ucap Gibbie Harris dari Mecklenburg County Public Health.

Dari 40 orang yang dilarikan ke rumah sakit, 19 diantaranya harus menjalani perawatan intensif dan rawat inap. Sebagian kecil bahkan sampai masuk ke dalam Instalasi Gawat Darurat. Gejala yang dialami para pengunjung yang menjadi korban ini adalah diare, demam, dan kram perut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella ini biasanya akan bertahan hingga 5-7 hari.

Sebagian orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat memang tidak akan mengalami gejala-gejala ini. Meskipun begitu, seluruh pengunjung pesta ulang tahun ini diminta untuk memeriksakan kondisi kesehatannya demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakar kesehatan menyarankan setiap orang untuk rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum memasak, menyiapkan makanan, atau sebelum makan. Pastikan untuk selalu melakukannya apalagi jika kita baru keluar dari toilet atau melakukan buang air besar. Dengan melakukan hal ini, maka kita bisa mencegah kontaminasi bakteri berbahaya dan keracunan.