Makanan Terbaik yang Bisa Kita Konsumsi Jika Ingin Mencegah Kanker Payudara

DokterSehat.Com– Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita Indonesia mengingat masih tingginya kasus kanker ini di tanah air. Penyakit yang sangat mematikan ini harus dicegah sedemikian rupa dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi jika ingin mencegah datangnya kanker payudara.



Beberapa jenis ikan laut
Jurnal kesehatan bejudul Cancer Causes and Control yang dipublikasikan tahun 2014 menyebutkan bahwa beberapa jenis ikan laut yang kaya akan asam lemak omega 3 layaknya ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan ikan makarel bisa menurunkan peradangan dalam tubuh sekaligus menurunkan resiko terkena kanker payudara dengan signifikan. Jika anda tidak mengkonsumsi ikan laut setiap hari, makan minyak ikan juga akan memberikan manfaat yang sama.

Buah dan sayuran
Jurnal kesehatan yang terbit tahun 2011 berjudul European Journal of Nutrition menyebutkan bahwa rajin makan sayur dan buah-buahan akan menurunkan resiko terkena kanker payudara dengan signifikan. Tingginya kadar antioksidan dalam makanan sehat ini bisa mencegah perkembangan sel abnormal yang bisa menjadi bibit awal kanker.

Kedelai
Kedelai asli, edamame, hingga olahan kedelai layaknya tahu, tempe, dan susu kedelai bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara. Sayangnya, beberapa jenis kedelai yang mengalami mutasi gen BRCA2 sebaiknya dihindari karena justru bisa memicu datangnya penyakit tersebut.

Minyak zaitun
Dikenal luas sebagai minyak sehat, minyak zaitun memang kaya akan kandungan yang baik bagi tubuh. Jika kita menambahkan minyak zaitun sebanyak empat sendok saja pada makanan sehat seperti salad buah dan sayur, maka resiko untuk terkena kanker payudara bisa ditekan hingga 68 persen.

Baca Juga:  Meski Buta, Para Wanita di Kolombia Ini Mampu Melihat Kanker Dengan Jelas!

Hanya saja, selalu pastikan untuk melakukan gaya hidup sehat layaknya tidur cukup, rajin berolahraga, menghindari lingkungan yang berpotensi kaya akan radikal bebas dan penyebab kanker, dan menghindari rokok demi mencegah kanker payudara.