Makanan Terbaik Usai Olahraga

Doktersehat.com – Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung protein dan karbohidrat sangat baik dikonsumsi setelah melakukan aktivitas olahraga.



Sebelum memulai olahraga, sebaiknya Anda menkonsumsi makanan yang padat gizi agar tidak berlama-lama diserap oleh tubuh. Karenanya usai olahraga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat agar dapat membangun kembali otot-otot pada tubuh Anda.Berolahraga memang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Sayangnya, banyak orang yang masih belum memperhatikan makanan yang dikonsumsi dengan benar setelah latihan. Padahal makanan memainkan peranan penting dalam kebugaran tubuh.

Untuk mengoptimalkan pemulihan pasca latihan, maka segeralah untuk mengonsumsi makanan berikut setelah dua jam selesai berolahraga. Menurut SheKnows, Kamis (12/4), tubuh dan otot akan menjadi ‘lapar’ sehingga mereka membutuhkan makanan berikut sebagai bahan bakar.

Ceri dan yogurt

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan menunjukkan bahwa makan ceri sebelum dan setelah berolahraga dapat mengurangi peradangan, karena buah ini mengandung anthocyanin (antioksidan kuat pemberi warna merah pada ceri) yang tinggi. Campurkan segenggam ceri dengan secangkir yogurt yang mengandung banyak protein dan kalsium. Kemudian rasakan hasilnya. Makanan tersebut dapat memulihkan kondisi tubuh setelah berolahraga.

Susu coklat rendah lemak

Minum susu coklat rendah lemak setelah berolahraga. Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa susu bermanfaat dalam rehidrasi, membangun dan memelihara jaringan otot, mengisi otot dengan glikogen, mengganti kehilangan elektrolit dalam tubuh karena berkeringat. Susu cokelat juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam pemulihan otot.

Sereal gandum dan susu

Makanlah semangkuk sereal terbuat dari gandum asli dengan susu non-fat setelah Anda selesai berolahraga karena dapat melengkapi penyimpanan glikogen otot Anda. Menurut penelitian yang dipresentasikan pada konferensi American College and Sport Medicine, sereal gandum utuh dan susu mengandung karbohidrat dan protein yang Anda butuhkan untuk otot setelah lelah berolahraga.

Salmon, kentang manis dan bayam

Jika Anda berolahraga sebelum makan siang atau makan malam, trainer fitnes dan ahli diet dari Los Angeles, Cassandrea Corum, menyarankan untuk menyantap makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak. Dan, semua itu bisa didapatkan pada salmon, kentang manis dan bayam.

“Salmon mengandung banyak protein dan omega-3, bayam kaya akan vitamin dan mineral, sementara kentang tinggi tingkat karbohidratnya,” paparnya.

Tuna, beras merah dan sayuran

Satu lagi makanan yang bisa Anda konsumsi setelah berolahraga adalah paduan antara tuna, nasi beras merah dan sayuran. Beras merah mengandung serat dan karbohidrat. Sedangkan sayuran merupakan sumber dari vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu dalam pemulihan otot.

Sumber : id.she.yahoo.com