Makanan Terbaik Pengganti Nasi bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Angka kejadian diabetes di dunia saat ini sedang menjadi sorotan karena meningkat setiap tahunnya. Alasan utama penderita diabetes terus meningkat adalah sulitnya untuk mengontrol makanan yang dimakan sehari-harinya. Terlebih bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang susah mendapat penggantinya. Belum lengkap rasanya kalau belum mengonsumsi nasi. Namun banyak bagi penderita diabetes yang belum sadar bahwa nasi tidak baik dikonsumsi secara berkala. Hal ini dikarenakan nasi putih  memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup tinggi yaitu 88 hingga 89. Indeks glikemik adalah suatu satuan yang menyatakan kadar gula yang terkandung dalam makanan. Semakin tinggi suatu GI tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah.

doktersehat-nasi-putih

Pepatah menyebutkan setiap penyakit ada obatnya. Begitu juga nasi, ada penggantinya yang tentunya lebih sehat. Berikut adalah makanan-makanan sehat pengganti nasi yang perlu kita ketahui bersama.

  1. Beras merah

Jika beras putih tidak baik untuk penderita diabetes, maka berbeda dengan beras merah. Beras merah merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang cukup dianjurkan. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki GI yang rendah yaitu hanya 50. Selain dapat mengontrol kadar gula dalam darah, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B. Serat berfungsi untuk meningkatkan kepekaan sel dalam menerima hormon insulin sehingga mampu diubah menjadi energi. Sedangkan vitamin B dapat memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya.

  1. Singkong

Singkong merupakan sumber karbohidrat komplek yang memiliki nilai GI dibawah 55. Tak hanya itu saja, sama seperti beras merah, singkong juga kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahar di dalam tubuh. Pengelolaan singkong yang mudah akan menjadi daya tarik tersendiri sebagai makanan pengganti nasi.

  1. Talas
Baca Juga:  Di Indonesia, Angka Bayi yang Terlahir Dengan Penyakit Jantung Bawaan Sangat Tinggi

Meski tak sepopuler singkong ataupun beras merah talas juga memilki kandungan vitamin yang sangat besar. GI yang terdapat pada talas juga dibawah nasi putih yaitu 65. Kandungan terbesar di dalam talas adalah protein dan karbohidrat. Selain dapat mengontrol gula darah, talas juga dapat mencegah resiko gangguan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Talas yang direbus tanpa tambahan apapun terbebas dari kolesterol dan tentunya memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

  1. Kentang

Makanan yang terakhir yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi adalah kentang. Kendang mampu menghasilkan energy seperti nasi namun kandungan GI nya jelas dibawah nasi. Cara terbaik dalam mengolah kentang adalah dikukus ataupun direbus agar zat protein, mineral dan vitaminya tetap terjaga.