Makanan Super untuk Wanita

DokterSehat.Com– Makan makanan sehat sangatlah penting bagi semua orang, namun beberapa makanan memberi efek yang sangat baik khususnya bagi wanita. Makanan tersebut dapat mengurangi resiko tulang keropos dan kanker payudara.”Makanan super” ini kaya akan nutrisi yang akan melindungi tubuh wanita walaupun usia bertambah tua.

doktersehat-asparagus-kenari-berry

Edamame
Kacang polong/ kedelai ini mempunyai rasa yang enak dan kaya akan serat, lemak baik, dan senyawa estrogen (isoflavon). Isoflavon merupakan nutrisi yang dibutuhkan wanita yang mengalami menopause. Edamame dapat membantu mengurangi “hot flashes“.

Kubis
Kubis merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K dan merupakan senyawa yang baik untuk kesehatan tulang seperti kalsium dan vitamin D. Satu porsi kubis memiliki lebih dari 20% vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya.

Asparagus
Asparagus merupakan pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan vitamin K bagi tulang. Asparagus mengandung folat yang membantu untuk mencegah cacat lahir seperti spina bifida.

Kacang Polong
Kacang polong mengandung banyak protein tanpa lemak. Selain itu, kacang polong juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah, dan detak jantung yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Jeruk bali
Jeruk bali kaya akan flavonoid yang membantu mengurangi resiko stroke dan jantung. Jeruk bali mempunyai kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan jeruk biasa. Namun, jeruk bali tidak baik dimakan bersamaan dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, kontrol dengan dokter Anda sebelum memakannya.

doktersehat-blueberry

Berry dan cherry
Bukan hanya warnanya yang cantik, buah ini memiliki kandungan flavoid dan antioksidan yang tinggi yang dapat menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari kerusakan. Berry dapat membantu memori otak seiring dengan bertambahnya usia. Buah ini juga mempunyai vitamin C untuk membentuk kolagen dan protein untuk menjaga kulit tetap halus dan kencang.

Pepaya
Warna merah-oranye pada pepaya menunjukkan kandungan beta-karotin (terkandung juga dalam wortel) dan lycopene (terkandung juga pada tomat dan semangka). Lycopene membantu menurunkan resiko kanker serviks dan kanker payudara. Lycopene juga merupakan antioksidan dan membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah pada level yang normal agar terhindar dari resiko penyakit jantung.

Plain, low-fat yoghurt
Anda yang berumur >50 tahun akan membutuhkan kalsium lebih banyak. Yoghurt mengandung vitamin D dan kalsium agar membantu tubuh menggunakan mineral lebih maksimal. Kalsium juga mengandung lebih dari 1/3 kebutuhan tubuh setiap harinya.

Sarden
Sarden mengandung asam lemak yang sehat, vitamin D, dan kalsium. Omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat membantu menigkatkan kualitas ASI dan sarden sangat baik untuk bayi yang ibunya memakan sarden saat hamil. Sarden juga mengandung merkuri paling sedikit dibandingkan jenis ikan lainnya.

Kenari
Kenari kaya akan asam lemak yang sehat dan dapat mencegah resiko kanker. Kenari dapat dimakan sebagai topping pada yoghurt Anda.

doktersehat-alpukat-avocado

Alpukat
Alpukat memang mengandung lemak, tetapi lemak yang baik. Pada sebuah studi membuktikan alpukat sangat baik untuk menghilangkan lemak pada perut dan membantu melindungi kulit dan mata. Alpukat juga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Ubi
Dengan kandungan serat, vitamin B6, potasium, zat besi, ubi merupakan nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan menyusui. Ubi juga kaya akan beta-karotin dan vitamin A. Ubi dapat membantu menguatkan paru-paru bayi.

Bayam
Bayam mengandung banyak folat dan dapat membantu mengurangi resiko demensia, penyakit jantung, dan kanker usus besar. Antioksidan yang terkandung pada bayam juga dapat membantu retina mata dan membantu mengurangi keriput pada kulit.

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Daging sapi tanpa lemak
Daging merah mengandung banyak zat besi dan Anda akan membutuhkan lebih banyak zat besi ketika berumur >18 tahun. Selain zat besi, daging merah juga mengandung vitamin B. Namun, terlalu banyak tidak bagus karena dapat menyebabkan uterine fibroids.