Makanan Sehat Yang Punya Efek Buruk Jika Dimakan Berlebihan

DokterSehat.Com – Mungkin Anda pendengar sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa segala sesuatunya harus pas, tidak kurang dan tidak lebih. Ternyata hal ini juga berlaku untuk jumlah konsumsi makanan sehat. Saat Anda mendengar bahwa seseorang keracunan makanan sehat, mungkin Anda kemudian bertanya-tanya, bagaimana bisa?

3

Meski terdengar aneh tapi faktanya memang ada beberapa jenis makanan sehat yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena hal tersebut bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, dan yang lebih parah adalah kematian.

Dikutip dari news.health.com, paling tidak ada 4 makanan super sehat yang malah tidak sehat lagi jika dimakan berlebihan :

  • Sushi
    Makanan khas Jepang ini memang banyak diminati masyarakat. Bukan hanya sehat karena menggunakan sayur dan bahan-bahan ikan segar seperti salmon dan tuna, namun juga kaya nutrisi dari bahan-bahan yang digunakan tersebut.

    Karena menggunakan seafood segar, makanan yang simpel namun butuh keahlian untuk membuatnya ini kaya nutrisi seperti protein, dan omega-3 yang baik untuk jantung. Namun jika berlebihan, Anda berisiko keracunan merkuri. Karena ikan laut cenderung mengandung merkuri, apalagi salmon dan tuna.

  • Daun kale
    Daun super hijau yang sedang [populer menjadi sayur super di dunia Barat ini menyerupai daun brokoli. Sayuran hijau memang sangat kaya antioksidan, serat dan nutrisi penting lain. Namun jika berlebihan, dan Anda tidak mengimbangi dengan sayur lainnya, Anda akan cenderung kelaparan atau bahkan mengalami gangguan pencernaan. Bukan hanya itu, Anda juga butuh nutrisi lain yang ada di sayur lainnya.
  • Makanan yang diperkaya nutrisi
    Beberapa makanan kemasan telah diperkaya nutrisinya menjadi lebih sehat. Anda bisa membaca di bagian informasi gizi di belakang kemasan seperti penambahan vitamin, zat besi, dan lain sebagainya.

    Mengonsumsi makanan ini memang menjadi salah satu alternatif jika Anda tidak bisa memenuhi dengan makanan sehat seperti buah, sayur dan biji-bijian. Namun terus-terusan konsumsi makanan ini jadi tidak sehat. Bisa jadi Anda mengalami kelebihan nutrisi tanpa kontrol yang tepat saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

  • Rumput laut
    Rumput laut juga merupakan salah satu bahan makanan kaya serat rendah kalori yang sangat baik untuk diet. Namun jika Anda makan rumput laut dalam bentuk nori, atau lembaran yang biasa jadi bungkus sushi, maka Anda perlu waspada. karena biasanya rumput laut seperti itu mengandung yodium, yang jika berlebihan bisa menyebabkan penyakit tiroid.

Jadi, tetap makan makanan sehat setiap hari ya, namun perhatikan porsi yang aman agar tidak malah merugikan kesehatan tubuh Anda.