Makanan Sehat yang Bikin Diet Gagal

DokterSehat.com –  Mengkonsumsi makanan sehat belum tentu bisa membuat diet Anda berhasil. Tahukah Anda ada beberapa makanan sehat yang bisa membuat Anda lebih gemuk? Para ahli diet di Tesco menyusun beberapa daftar makanan sehat yang justru menjadi penghambat saat seseorang ingin menurunkan berat badan.



Ahli Gizi, Catherine Matthew menganjurkan untuk sarapan dengan makanan tinggi protein seperti telur yang cenderung membuat perut Anda kenyang lebih lama. Selain itu, diet juga makin lancar dengan menghindari beberapa makanan sehat berikut ini:

1. Smoothies
Smoothies mungkin terdiri dari banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa minuman lembut juga mengandung kadar gula tinggi sehingga lebih baik Anda coba mengkonsumsi buah segar.

2. Minyak zaitun
Minyak ini mengandung lemak tak jenuh dan lebih sehat ketimbang mentega. Walaupun minyak zaitun dipercya baik untuk jantung, namun tetap saja ini adalah minyak. Dalam satu sendok teh minyak zaitun terdapat 50 kalori. Untuk mengganti minyak zaitun cobalah sedikit minyak goreng dengan cara disemprotkan.

3. Madu
Madu merupakan bahan alami namun, pada dasarnya madu mengandung banyak gula asli yang nutrisinya tidak terlalu baik untuk kesehatan. Untuk menggantinya, cobalah mengonsumsi saus apel atau gula pengganti.

4. Jus
Dalam jus buah-buahan seperti jus apel, jeruk, atau cranberry lebih cepat menaikkan berat badan hingga 150 kalori per gelasnya. Jumlah ini lebih banyak ketimbang kalori dalam 330 ml minuman soda, yakni 139 kalori. Lebih baik minumlah air putih.

5. Roti cokelat
Roti yang berwarna coklat belum tentu sehat. Lebih baik konsumsi gandum, gandum hitam, atau roti gandum.

6. Produk rendah lemak
Produk rendah lemak seperti biskuit atau yogurt ternyata memiliki kadar gula yang lebih tinggi karena berguna untuk mengurangi kandungan lemak di dalamnya. Sebaiknya cobalah yogurt plain dan buah segar.

Baca Juga:  Cara Bebas dari Stroke

7. Ayam
Ayam hanya sedikit mengandung daging, bila kulitnya dibuang dan jangan pernah mencoba mengolah ayam dengan digoreng. Coba olah ayam dengan menghilangkan kulitnya terlebih dulu lalu dipanggang. Membiarkan kulit tetap menempel pada daging dan mengolah ayam dengan digoreng, membuat kalori di dada ayam menjadi tiga kali lipat yaitu 300 kalori.

8. Campuran buah dan kacang kering
Pada beberapa kasus, campuran buah dan kacang kering terdiri dari kacang dengan balutan garam sementara buah dibalut gula. Sebaiknya konsumsi kacang yang tidak mengandung garam dan buah berry.

9. Granola
Granola dibuat dari butiran gandum dan itu mengandung banyak kalori serta lemak. Cobalah ganti granola dengan bekatul dan buah segar yang dipotong-potong.