4 Pilihan Makanan Sehat saat Waktu Terbatas

doktersehat-makanan-sehat-waktu-singkat
Photo Credit: Flickr.com/Andrew Beeston

DokterSehat.Com– Sedang tidak punya waktu untuk makan? Ya, tidak jarang padatnya aktivitas membuat kita sangat sulit untuk menyempatkan waktu makan ya. Hal ini haruslah disiasati dengan tepat sehingga kita bisa tetap makan sehat meskipun waktu yang kita miliki singkat, bagaimana sih caranya?

Sebagian besar orang cenderung memilih makanan tidak sehat saat waktu makannya terbatas. Makanan kemasan atau minum kopi menjadi sulit untuk dibatasi.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menyiapkan empat pilihan makanan sehat seperti di bawah ini:

1. Bersiaplah dengan mengonsumsi sarapan yang kaya serat

Jika Anda telah merencanakan memiliki aktivitas fisik yang padat dalam satu hari, mulailah mencukupi kebutuhan gizi harian Anda dengan sarapan ya.

Pilih menu sarapan yang lengkap dan kaya serat, yaitu sumber karbohidrat misalnya nasi merah atau roti gandum, sumber protein yaitu, daging atau telur serta lauk dari kacang-kacangan, serta konsumsi sayur dan jus buah.

2. Utamakan memilih minuman berprotein

Minuman menjadi pilihan asupan gizi yang praktis. Susu sapi, susu nabati, atau olahan minuman berbahan dasar protein nabati lainnya bisa jadi pilihan yang tepat saat Anda hanya memiliki waktu terbatas.

Minuman tersebut akan memberikan asupan gizi dan kalori yang cukup untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas yang masih padat selanjutnya.

3. Pilih makan utama praktis dan bergizi lengkap

Bingung makanan utama apa yang bisa Anda konsumsi saat sedang tidak sempat makan? Pilihlah makanan yang praktis dan bergizi lengkap, menu mirip kebab bisa jadi pilihan.

Selain praktis dan mudah dibawa Anda bisa memperoleh asupan gizi yang cukup lengkap dari menu tersebut, yaitu sumber karbohidrat, protein hewani nabati dan sayuran. Pilihlah menu lain misalnya salad lengkap atau makan ala Indonesia yaitu gado-gado.

4. Sediakan camilan kaya serat

Camilan akan memenuhi kebutuhan energi yang tinggi karena padatnya aktivitas. Pilih camilan yang praktis dan sehat, kacang-kacangan, buah potong atau snack bar dari bahan alami bisa jadi pilihan makanan camilan berenergi yang tepat, ‘kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik