Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Lari Menjadi Lamban

makanan-untuk-olahraga-lari-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Lari merupakan salah jenis olahraga yang banyak digemari karena mudah untuk dilakukan. Seringkali, lari dijadikan sebagai ajang perlombaan, contohnya adalah lari marathon. Dalam lari marathon, seseorang diharuskan untuk berlari dalam jarak tempuh yang sangat jauh dan tentunya dalam tempo yang cepat. Akan tetapi, setiap orang memiliki kecepatan berlari yang berbeda-beda. Hal ini bisa saja dikarenakan oleh berat tubuh dan juga bisa disebabkan oleh faktor makanan.

Mungkin Anda belum tahu, bahwa ternyata makanan yang dikonsumsi setiap hari juga bisa berpengaruh pada kecepatan lari Anda. Untuk itu, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat lari Anda menjadi lambat.

1. Kacang, Buah, dan Sayuran

Anda mungkin tidak akan percaya bahwa makanan sehat ini ternyata bisa membuat lari menjadi lambat. Seperti yang Anda tahu bahwa kacang, buah, dan sayuran sangat baik untk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, ketiga jenis makanan tersebut mengandung serat dan nutrisi yang sangat tinggi sehingga lebih lama untuk dicerna. Makanan tersebut bisa membuat lari Anda menjadi lambat jika dikonsumsi sebelum berlari. Selain itu, mengonsumsi kacang, buah dan sayuran sebelum berlari juga akan memberikan dampak buruk, seperti risiko keram dan rasa tidak nyamn di perut. Akan tetapi, tidak semua buah dan sayuran bisa memengaruhi kecepatan lari Anda. Jika Anda masih ingin mengonsumsi buah dan sayuran sebelum berlari, sebaiknya pilih buah dan sayuran yang mengandung sedikit serat, seperti anggur, tomat, dan lain-lain.

2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak memang selalu menggiurkan, namun makanan tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan berlemak sebelum berlari, akan mempengaruhi kualitas dan kecepatan Anda dalam berlari. Pasalnya, makanan yang kaya akan lemak akan membuat Anda merasa kenyang, tak nyaman, dan lamban. Hal ini dikarenakan lemak tak mudah dikonversi menjadi energi. Oleh sebab itu, Sebaiknya Anda menghindari makanan berlemak sebelum lari, seperti burger, kentang goreng, daging, dan makanan berlemak lainnya.

3. Susu

Sama halnya dengan buah dan sayuran, susu merupakan minuman kaya akan kalsium dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh, serta tulang. Namun, minuman ini tidak cocok dikonsumsi sebelum olahraga, khususnya berlari. Sebab, susu tidak memberikan banyak energy bahkan membuat perut tegang jika dikonsumsi sebelum berlari. Dengan begitu, akan mempengaruhi kualitas lari Anda.