Makanan Sehat Untuk Pecandu Rokok

DokterSehat.Com– Sudah diketahui bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Walaupun sudah mengetahui efek buruk dari merokok, tapi masih saja banyak orang yang sulit meninggalkan kebiasaan ini.

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Bagi sebagian orang merokok sudah menjadi ‘makanan pokok’ yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal merokok dapat menyebabkan tubuh kehilangan vitamin dan nutrisi penting.

Menurut American Heart Association, ginjal akan membersihkan sekitar 85-90 persen nikotin dalam darah. Supaya dapat bekerja dengan baik ginjal membutuhkan nutrisi sebagai penunjang.

Bagi pecandu rokok dianjurkan supay mengonsumsi sayur dan buah. Tingginya kandungan air dalam sayur dan buah baik untuk mempercepat proses pembuangan racun dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan sehat dapat meringankan dampak buruk merokok, seperti pusing, batuk, sakit tenggorokan, mual, dan insomnia. Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok sebaiknya konsumsi makanan berikut ini:

1. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan sulforaphan yang dapat menetralkan tubuh dari karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin B5 dan C yang dapat menggantikan kandungan vitamin C yang hilang dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

2. Jeruk
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan nikotin menempel pada gigi. Untuk membersihkannya Anda perlu mengonsumsi jeruk agar nikotin lagi menempel di gigi dan mulut. Jeruk juga dapat meningkatkan kandungan vitamin C dalam tubuh.

3. Wortel
Anda mungkin tidak menyadari bahwa nikotin masih berada dalam tubuh selama 3 hari setiap Anda merokok 1 batang saja. Nikotin yang berada dalam tubuh ini dapat menyebabkan kulit kusam. Kandungan vitamin A, B, K, dan C dalam wotel sangat bermanfaat untuk menghilangkan nikotin dari tubuh.

4. Kiwi
Kiwi dapat mencegah impotensi yang disebabkan kebiasaan merokok. Selain itu, racun dalam tubuh juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi kiwi.

Baca Juga:  Diet Yang Tidak Sehat

5. Delima
Bagi pecandu rokok, buah delima bermanfaat untuk menghilangkan efek ketergantungan nikotin.