Pilihan Makanan Sehat Saat Sedang Lembur

doktersehat-makanan-lembur

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengerjakan pekerjaan hingga lembur? Banyaknya tugas memang membuat lembur tidak bisa lagi dihindari. Sebaiknya, imbangi lembur dengan konsumsi makanan yang tepat.

Ini akan membantu kondisi tubuh dan performa kerja tetap maksimal. Apa saja sih makanan yang baik dikonsumsi saat lembur?

Saat lembur, tubuh membutuhkan asupan energi dan gizi yang berbeda dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini tentu harus dilakukan dengan pemilihan bahan makanan yang tepat, sehingga manfaat dari konsumsi bahan makanan tersebut bisa mendukung kegiatan lembur kita.

Beberapa pilihan makanan yang bisa menjadi pilihan saat lembur adalah:

1. Camilan tinggi serat

Lapar memang menjadi godaan terbesar saat sedang lembur. Konsumsilah makanan tinggi serat akan sangat membantu mengatasi lapar dan membuat tubuh semakin sehat.

Camilan tinggi serat yang bisa dikonsumsi saat lembur adalah kacang-kacangan, biskuit, atau roti dari gandum serta olahan buah.

2. Minuman yang tepat saat lembur

Lembur berarti membuat tubuh aktif lebih lama, hal ini tentu meningkatkan kebutuhan cairan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi air mineral yang cukup saat lembur sangat dianjurkan.

Jika Anda bosan mengonsumsi air mineral, cobalah membuat infuse water yang juga sama-sama dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

Hindari mengonsumsi kopi atau minuman berenergi karena keduanya justru membuat tubuh dehidrasi dan dapat mengganggu pola tidur.

3. Makanan utama bergizi lengkap

Jika Anda sudah berencana lembur selepas jam kerja, maka usahakan agar mengonsumsi makanan utama dengan pilihan bahan makanan bergizi lengkap yaitu karbohidrat, protein nabati dan hewani, sayur dan buah.

Usahakan untuk selalu makan utama pada waktu yang tepat. Menunda makan justru akan mengganggu kesehatan Anda.

Selain itu agar tubuh tetap fit, usahakan makan utama tiga kali dalam sehari dan diselingi dengan konsumsi camilan tinggi serat tiap 2 jam sekali, ya!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik