informasi kesehatan


Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung

Doktersehat.com – Selama ini banyak yang mengira jika makanan yang bisa menyehatkan jantung hanyalah makanan rendah lemak, seperti oatmeal dan ikan salmon. Jangan salah, sesungguhnya banyak makanan enak yang selama ini dianggap tabu, yang ternyata menyehatkan jantung Anda.

Coba simak beberapa makanan dan minuman di bawah ini, seperti dikutip dari Men’s Health:

1. Makanan pedas
Pencetus sakit jantung atau justru melindungi jantung? Ketika para peneliti di Chinese University of Hong Kong mempelajari dampak capsaicinoids, kandungan yang memberikan rasa pedas dalam cabai dan jalapenos, terhadap hamster, hewan pengerat yang diberi makan makanan pedas menunjukkan tingkat kolesterol jahat (LDL) mereka lebih rendah ketimbang binatang yang makan makanan yang tidak mengandung cabai. Kenapa bisa begitu? Para peneliti meyakini bahwa capsaicionoids bisa menghambat gen yang menyebabkan arteri Anda berkontraksi, membuat otot-otot menjadi rileks dan peredaran darah lebih lancar mengalir ke jantung. Jadi jangan ragu untuk menyantap makanan pedas! Salah satu menu yang bisa dicoba adalah makan salad yang diberi irisan setengah cabai merah atau makan satu sendok makan cabai bubuk setiap hari.

2. Bir
Anggur merah bukan lagi satu-satunya minuman yang menyehatkan tubuh. Menurut kajian terbaru terhadap lebih dari 18 penelitian terhadap minuman beralkohol, bir memiliki khasiat yang baik untuk jantung Anda sama halnya seperti anggur. Menurut penelitian, minum 1 liter bir setiap hari bisa membuat Anda 30 persen lebih kecil terkena stroke, serangan jantung dan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak minum alkohol. Ini berkat alkohol dan polyphenols atau antioksidan yang terdapat dalam bir.

3. Burger
Sepanjang daging burger yang Anda makan berasal dari sapi yang makan rumput, maka bisa menyehatkan tubuh Anda. Mengapa demikian? Makanan yang sehat bagi jantung harus seimbang antara asam lemak omega-3 dan omega-6. Rasio antara asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam daging sapi pada umumnya biasanya sangat tidak seimbang, namun daging dari sapi yang makan rumput, nyaris mendekati 1:3, mirip dengan rasio yang ditemukan dalam ikan yang baik bagi jantung Anda. Selain itu, daging sapi yang diberi makan rumput memiliki kandungan vitamin E yang bisa melindungi jantung.

4. Pasta
Kandungan antioksidan yang terdapat didalam pasta bisa membantu mengontrol peradangan dan kadar insulin, yang membantu mengurangi tingkat kolesterol LDL yang berbahaya, serta triglycerides. Ketika para peneliti Harvard University menganalisa pola makan dari lebih 27.000 orang selama 8 tahun, mereka menemukan bahwa mereka yang makan biji-bijian utuh setiap hari memiliki berat badan 2 kg lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang makan biji-bijian yang sudah diolah.

5. Telur
Sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa makan telur bisa meningkatkan kolesterol baik HDL. Jadi, telur membantu arteri Anda bebas lemak! Dalam penelitian lainnya, responden yang mengalami kelebihan berat badan makan sarapan yang mengandung 340 kalori yang terdiri dari dua butir telur atau satu roti bagel selama 5 hari dalam seminggu sepanjang 8 minggu. Mereka yang makan telur, termasuk kuning telur, dilaporkan memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dan kehilangan berat badan 65 persen lebih banyak tanpa mempengaruhi kadar kolesterol total mereka.

6. Steak 
Ya, ini memang benar. Daging sapi ternyata bisa mengenyahkan kolesterol jahat, demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para peserta penelitian ini makan 4 dan 5,4 ons daging sapi tanpa lemak setiap hari dan terlihat mengalami penurunan kolesterol jahat LDL hingga 10 persen ketika dicampur dengan menu makan yang sehat.

Ada satu kesalahan yang terdapat dalam penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa daging merah menurunkan resiko terkena penyakit jantung  karena mereka memasukkan daging merah yang diproses, seperti sosis, hot dogs dan spam, ke dalam kategori daging merah. “Daging merah (yang diproses) ini sama sekali berbeda dengan daging merah tanpa lemak dalam hal nutrisi,” sahut ahli gizi dan salah satu peneliti Michael Roussell, Ph.D.

7. Paha ayam (drumstick)
“Lemak berlebih yang terdapat dalam ayam kalkun atau ayam bisa menaikkan tingkat cholecystokinin (CCK), sebuah hormon yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama,” kata Alan Aragon, M.S., ahli gizi di California. Keuntungannya: Anda akan tidak mudah merasa lapar di antara jam makan Anda. Lalu bagaimana dengan kolesterol Anda? Hanya sepertiga dari lemak dalam paha ayam kalkun termasuk dalam jenis lemak jenuh. Sementara duapertiga lainnya merupakan lemak tak jenuh yang sehat bagi jantung. Selain itu, 86 persen dari lemak jenuh lainnya tidak memberikan dampak pada kolesterol ataupun bisa menaikkan kolesterol baik HDL lebih daripada kolesterol jahat LDL, yang sesungguhnya bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit jantung.

8. Saos tomat
Ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang tomat: tomat merah adalah yang terbaik karena tomat merah mengandung lebih banyak antioksidan lycopene dan tomat yang diproses sama khasiatnya seperti halnya tomat segar karena akan lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap lycopene. Penelitian mengungkapkan bahwa menu makan yang kaya akan lycopene bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Menurut penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, Anda cukup minum satu gelas jus tomat dan 2 sendok makan saos tomat setiap hari selama tiga minggu untuk menurunkan tingkat kolesterol LDL rata-rata sebesar 8,5 persen.

Sumber : shnews.co & http://sekedarwawasan.blogspot.com

pf button both Makanan Sehat Untuk Jantung
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Makanan Sehat Untuk Jantung”

  1. stella says:

    Makanan SEHAT | KECANTIKAN Wanita

    http://kosmetikcosmeticonline.com/makanan-sehat-kecantikan-wanita/

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0