Makanan Sehat untuk Jantung

DokterSehat.Com – Jantung adalah organ tubuh manusia yang penting. Tanpanya, sirkulasi darah di dalam tubuh Anda tidak akan berjalan dengan baik. Berbagai macam sistem tubuh yang vital pun berhubungan dengan jantung. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangatlah penting.

9

Menerapkan pola hidup sehat sejak dini salah satunya dengan  menjaga asupan makanan atau memilih makanan yang sehat  akan membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Pilihan makanan yang sehat akan membuat jantung lebih sehat, sedangkan pilihan makanan yang tidak sehat akan membuat kinerja jantung tersendat-sendat.

Hal ini akan berpengaruh pada stamina tubuh Anda, makanan sehat untuk jantung sangat bervariasi dan tidak mahal. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk jantung Anda :

  1. Bawang putih
    Siapa sangka si mungil berwarna putih ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda, bawang putih bisa menghambat kerja enzim angiotensin yang memicu penyempitan pembuluh darah. Zat  allicin yang terkandung didalamnya bisa mematikan kolesterol jahat. Bawang putih bisa dimakan langsung atau yang sudah berbentuk kapsul.
  1. Kacang kedelai
    Kacang kedelai termasuk salah satu makanan sehat untuk jantung, kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Asam lemak tak jenuh mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh nadi dan menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu sakit jantung.
  1. Buah jeruk dan pisang
    Buah jeruk mengandung zat pektin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Misalnya, mampu mencegah penyerapan kolesterol yang berlebihan ke dalam tubuh, bisa menetralisir kerja protein galektin-3  yang dapat merusak sel-sel jantung. Sedangkan pisang, mengandung kalium yang tinggi dimana zat kalium berfungsi untuk penyambung komunikasi antara otak dan jantung.
  1. Bayam
    Bayam mengandung lutein yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan jantung. Jumlah yang disarankan untuk mengkonsumsi bayam adalah setengah cangkir setiap hari untuk mengoptimalkan kerja jantung.
  1. Sereal
    Sereal menjadi salah satu makanan sehat untuk jantung karena mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 berfungsi untuk menjaga agar detak jantung tetap stabil dan bisa menyingkirkan kolesterol jahat dari jantung Anda. Anda bisa mengkonsumsi sereal saat sarapan pagi.
  1. Seafood
    Seafood juga mengandung omega 3 yang tinggi, omega 3 berguna untuk membuang kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung. Mengkonsumsi seafood tidak harus setiap hari, Anda bisa makan seafood setidaknya seminggu 2x.