Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

DokterSehat.Com – Selamat atas kehamilannya, seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini tentu saja tujuannya baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin anda.

18

Hamil tidak berarti harus makan sebanyak-banyaknya hingga kegemukan. Berikut ini akan dipaparkan panduan makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil 1 sampai 2 bulan yang disesuaikan dengan perkembangan janin.

Meskipun pada saat hamil terutama di 3 bulan pertama hampir setiap hari merasa mual dan muntah, jangan menyerah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari anda. Makanan sehat untuk ibu hamil 1-2 bulan sangatlah penting, karena pada masa tersebut janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin serta mineral agar bisa berkembang dengan baik.

Anda tidak perlu percaya pada mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat karena sedang berbadan dua. Adapun yang benar ialah, makanlah 2 kali lebih bergizi, bukannnya 2 kali lebih banyak. Jika kita makan berlebihan, asupan kalori yang kelebihan akan menjadikan tubuh kegemukan. Wanita hamil yang gemuk, belum tentu akan melahirkan bayi yang gemuk juga. Bisa jadi justru ibu hamil bisa kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan.