Makanan Sehat Untuk Gigi Tetap Kuat

DokterSehat.Com – Gigi yang kuat adalah dambaan semua orang. Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa dengan menyikat gigi saja tidak cukup untuk membuat gigi anda kuat. ANda butuh nutrisi dan gizi agar bisa menjaga kesehatan gigi anda tetap kuat dan sehat. Sebagaimana yang dikutip dari wolipop, ada empat makanan yang bermanfaat menjaga gigi tetap kuat.



Berikut makanan yang membuat gigi tetap kuat :

  • Mengkonsumsi protein
    Salah satu makanan yang kaya akan protein adalah daging. Tidak hanya itu tetapi juga kaya zat besi dan vitamin B12. Menurut panduan piramida makanan oleh World Health Organization, orang dewasa disarankan mengkonsumsi 2-3 porsi produk hewani setiap hari (masing-masing sekitar 110 gram). Selain daging, bagi vegetarian dapat memilih alternatif seperti tahu, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan sayuran lainnya yang berprotein tinggi.
  • Susu dan produk susu
    Susu adalah sumber kalsium yang bagus yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi anda harus selektif dalam membeli susu, belilah susu rendah lemak, karena susu ini aman untuk tubuh. Susu berlemak seringkali menjadi pemicu bagi kolesterol dalam darah.
  • Buah dan sayuran hijau
    Mengkonsumsi buah dan sayuran membutuhkan banyak kunyahan, karena makanan ini adalah sumber serat tinggi. Dengan banyaknya kunyahan akan membuat mulut anda memproduksi banyak air liur sehingga bisa membersihkan mulut dari bakteri. Sayuran hijau banyak mengandung vitamikn A dan protein yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi anda.
  • Gandum utuh
    Gandum utuh adalah gandum yang belum di olah. Gandum yang telah diolah atau makanan yang mengandung tepung lainnya seperti mie, roti, dan aneka makanan dari tepung adalah sumber karbohidrat yang terfermentasi dengan gula sehingga menjadi penyebab terbentuknya asam dalam rongga mulut. Maka mengkonsumsi gandum olahan tidak sehat bagi kesehatan. Ingin tetap sehat, konsumsilah gandum utuh seperti pada roti gandum, oatmeal, havermut atau sereal secara rutin.