Makanan Sehat Untuk Awal Masa Kehamilan

DokterSehat.Com – Hamil bukan berarti harus makan sebanyak-banyaknya hingga kegemukan. Inilah panduan makanan sehat untuk ibu hamil yang disesuaikan dengan perkembangan janin.

10

Pada awal masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil harus mulai benar-benar menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi karena makanan yang dikonsumsi pada awal masa kehamilan merupakan fondasi awal bagi perkembangan janin. Disamping itu, jika ibu salah memilih makanan yang dikonsumsi pada trimester pertama maka hal itu dapat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Karena itulah ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup demi mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, perubahan hormonal yang dialami ibu hamil selama awal masa kehamilan juga bisa mempengaruhi sensitivitas dan juga stamina. Jadi selektiflah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi di awal masa kehamilan.

Jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama :

• Gandum
Gandum adalah salah satu makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan. Banyak sekali produk yang dijual di pasaran yang banyak mengandung gandum. Gandum kaya akan serat, vitamin B, zat besi dan berbagai mineral.

• Sayur dan buah-buahan
Pada masa kehamilan, seorang ibu sangat membutuhkan sayuran dan juga buah-buahan karena makanan sehat tersebut merupakan komponen penting untuk dikonsumsi. Serat yang tersedia bisa membantu proses pencernaan, sedangkan vitamin serta mineral yang terkandung didalamnya juga ikut serta membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

• Daging, telur, unggas, dan kacang-kacangan.
Jenis makanan tersebut banyak mengandung vitamin B, protein dan juga zat besi. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan ibu hamil demi menjaga kesehatan tubuhnya dan untuk membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan terutama pada trimester pertama, kedua dan ketiga.

Baca Juga:  Kelahiran Bayi Yang Prematur

• Produk olahan susu
Kalsium yang terkandung pada olahan susu akan sangat membantu pertumbuhan tulang dan juga gigi sang bayi. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Sekarang ini Tidak susah untuk menemukan produk olahan susu, karena aneka macam produk olahan sudah banyak dijual dipasaran. Selain kalsium, produk dari olahan susu juga banyak mengandung protein dan vitamin D.