Makanan Sehat Penjaga Fungsi Otak

DokterSehat.Com – Mau kemampuan otak Anda tetap cespleng pada usia tua? Caranya gampang, sempatkan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak Anda. Ya, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak dan bisa menjaga fungsi otak sampai usia tua. Dan rata-rata makanannya Anda mudah mendapatkannya.

12

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak :

  1. Blueberry
    Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah Blueberry terbukti dapat melindungi otak dari stres, demensia, dan penyakit alzheimer. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberry secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik.
  1. Alpukat
    Meskipun dianggap sebagai buah lemak, alpukat ternyata berkontribusi untuk menjaga aliran darah tetap sehat, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko hipertensi yang dapat menyebabkan stroke.
  1. Ikan
    Konsumsi ikan seperti salmon adalah pilihan yang baik dibandingkan ikan air tawar. Pasalnya, ikan salmon mempunyai kandungan omega-3 asam lemak esensial yang tinggi yang penting untuk fungsi otak.
  1. Kacang dan biji-bijian
    Kacang atau biji-bijian merupakan sumber vitamin E. Makanan ini sangat penting untuk otak Anda dalam mencegah penurunan fungsi kognitif.
  1. Roti gandum, beras merah, dan oatmeal
    Makanan ini juga berkontribusi untuk menjaga otak tetap sehat sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan meningkatnya kesehatan jantung dan aliran darah meningkat, otak dipastikan akan berkembang dengan baik. Pasalnya, oksigen yang masuk ke otak akan meningkat, begitu pula pengiriman nutrisi melalui aliran darah.
  1. The hijau
    Minum teh yang baru diseduh juga baik bagi otak Anda karena teh memiliki antioksidan kuat, terutama pada kandungan catechines yang dapat mendorong aliran darah agar tetap sehat.
  1. Coklat hitam
    Dark chocolate atau lebih dikenal dengan coklat hitam memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung beberapa stimulan alami yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan, coklat ini juga dapat mendorong produksi endorphin yang membantu meningkatkan mood.