Makanan Sehat Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

DokterSehat.com– Kualitas udara saat ini semakin memburuk, terlebih lagi di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya polusi atau pencemaran udara yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan sebagainya. Kuota kendaraan bermotor, terutama motor roda dua telah meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya menambah kemacetan, akan tetapi asapnya pun semakin meningkat. Tentunya hal ini berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, terutama pada sistem pernafasan.



Dengan kualitas udara yang buruk, secara otomatis udara yang banyak mengandung karbon tersebut terhirup masuk ke dalam tubuh, dan berdampak pada sistem pernafasan, termasuk paru-paru. Hal ini sangat berbahaya, apalagi hal ini terjadi setiap hari. Semakin lama jumlah gas karbon yang terhirup semakin bertambah. Salah satu cara langsung yang dapat dilakukan adalah memggunakan masker. Meski dinilai kurang efektif untuk menghindari partikel-partikel udara yang lebih kecil, namun setidaknya mampu mengurangi efek secara langsung. Lalu cara apa yang dapat meningkatkan paru-paru kita menjadi lebih sehat?

Dengan menjalankan pola makan sehat, bebas dari lemak jenuh seperti gorengan, makanan instan/kalengan, secara umum sangatlah bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh. Namun dapat mencegah penyakit paru kronis dan meningkatkan kualitas organ pernafasan tersebut.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Sheif Shaheen. Seorang ahli Respiratory Epidemiology di Barts dan London Schoool of Medicine Inggris, pada pria dan wanita dengan rata-rata usia 66 tahun. Hasil studi menunjukkan bahwa tubuh yang mengkonsumsi sayur, buah, ikan, biji-bijian alami, dan produk gandum pada pola makan sehari-harinya, menunjukkan fungsi paru-paru yang jauh lebih baik dibanding dengan tubuh yang banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, soda, lemak, jenuh, dan makanan instan.

Baca Juga:  Manfaat Makan Malam Lebih Awal

Selain itu, dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok merupakan proritas utama untuk meningkatkan kualitas paru-paru. Sedangkan konsumsi makanan sehat di atas dapat membantu alternatif perawatan yang bisa mencegah COPD (Chronis Obstructive Pulmonary Disease). Hindari pula roti putih, gula dan soda, produk susu berlemek penuh, makanan yang banyak berminyak, dan daging yang diproses kalengan.