Makanan Sehat dalam Jumlah Tepat untuk Tubuh yang Ideal

DokterSehat.com– Porsi makanan yang kita santap dalam setiap harinya selalu berbeda, kadang sedikit, kadang terlalu banyak. Padahal porsi yang seimbang yang perlu kita konsumsi adalah yang kita perlukan dalam setiap harinya. Jika mengkonsumsi terlalu banyak kalori, sedangkan aktivitas kita hanya sedikit atau sedikit bergerak dapat menyebabkan naiknya berat badan, bahkan beberapa penyakit serius. Dengan terbakarnya kalori, maka asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh telah diubah menjadi energi atau tenaga. Sehingga makanan yang dikonsumsi dinilai cukup atau sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan.

5

Kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya berasal dari makanan, tetapi juga minuman. Misalnya kita minum milk shake atau jus namun porsi makan yang dikurangi. Hasilnya, dari minuman tersebut juga menyumbangkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun jika minuman yang dikonsumsi adalah air putih, akan lebih baik tentunya. Mengapa? Hal ini dikarenakan, air putih dapat membantu mencerna makanan yang kita konsumsi, sehingga metabolisme pun menjadi lebih lancar. Dan secara otomatis dapat menurunkan berat badan. Maka dari itu, kita harus mengatur jumlah makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya dengan aktivitas fisik yang akan kita lakukan. Dengan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan meningkatkan aktivitas fisik, maka kita dapat mencapai berat badan yang ideal.

Seorang pria membutuhkan 2500 kalori dalam sehari, sedangkan wanita membutuhkan 2000 kalori. Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang diperlukan. Misalnya seorang atlet profesional membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang normal. Namun sebaliknya, jika seseorang jarang melakukan olahraga atau memiliki berat badan yang berlebih, maka harus mengurangi konsumsi kalori. Untuk melakukan diet sehat bukan berarti mengurangi asupan makanan, akan tetapi mengonsumsi makanan dalam jumlah yang tepat, dengan memastikan nutrisi yang mencukupi.

Baca Juga:  Bagaimana Jika Ibu Hamil Mengidam Makanan Mentah?

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari, karena mengandung jumlah kalori yang berlebih.

  • Minuman bersoda dan beralkohol memiliki kadar gula tinggi. Maka pilihan air putih tetaplah jauh lebih sehat.
  • Gorengan dan makanan berminyak lainnya lebih sulit untuk dicerna. Selain itu, minyak juga tidak bagus untuk kesehatan jantung. Maka memilih makanan yang direbus atau dikukus adalah yang lebih baik.
  • Saus atau krim. Kandungan kalori dalam kedua makanan tersebut sangat banyak, sehingga jika kita ingin mengkonsumsi, cukup sedikit saja, misalnya pada saus mayonaise atau krim pada cake.
  • Pilihlah gandum utuh yang memiliki banyak serat.