Santapan Sahur dan Berbuka Terbaik Saat Mudik Lebaran

doktesehat pisang untuk sahur
Photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Saat sedang mudik Lebaran puasa masih menyisakan 3-4 hari lagi sebelum akhirnya habis. Anda yang masih sehat saat mudik disarankan untuk tetap berpuasa hingga akhir agar puasa yang dijalankan bisa sempurna.

Agar puasa yang dilakukan di jalanan, Anda tetap diwajibkan untuk makan sahur dan berbuka puasa dengan baik dan benar. Kalau Anda tidak melakukan dua hal ini puasa yang dilakukan saat mudik tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu Ada kemungkinan Anda jadi sakit begitu sampai rumah.

Nah, kalau Anda ingin berpuasa dengan aman, nyaman, dan lancar hingga akhir saat sedang mudik, coba bawa santapan sahur dan berbuka di bawah ini.

  1. Air putih yang cukup

Saat sahur dan berbuka puasa di jalanan, air putih wajib dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Air putih akan memberikan kesegaran pada tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi selama perjalanan mudik lebaran terjadi.

Usahakan untuk tetap minum 3 gelas air putih atau minimal satu botol air mineral ukuran 600 ml sampai habis. Selanjutnya saat berbuka puasa juga minum air putih dengan takaran yang sama atau lebih banyak lagi.

Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, usahakan yang sudah memiliki toilet di dalamnya, ya. Minum air terlalu banyak mungkin memicu Anda untuk sering buang air kecil selama beberapa jam hingga kondisi tubuh kembali normal.

  1. Karbohidrat kompleks yang mengenyangkan

Saat sedang berada di dalam bus, kita mungkin akan kesusahan untuk mendapatkan nasi atau makanan karbohidrat lainnya. Oleh karena itu, bawa karbohidrat kompleks yang lebih awet dan bisa dibawa kapan dan disantap saat sahur atau berbuka puasa.

Anda bisa membawa beberapa roti atau kue yang bisa bertahan lebih dari sehari. Makan kue itu saat sahur dan berbuka puasa. Kalau Anda ingin tambahan protein bisa membuat ayam goreng krispi atau makanan lain seperti kering tempe kacang yang mudah dibawa dan dimanakan selama perjalanan.

  1. Makanan pengganti

Di dalam kendaraan kadang kita jadi malas untuk makan karena bisa membuat tubuh menjadi mual. Kalau Anda hanya minum saja, puasa tidak akan berjalan dengan lancar sehingga mau tidak mau harus ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Anda bisa menggunakan makanan pengganti yang bisa disantap dengan mudah. Saat ini ada beberapa jenis sereal yang bisa diseduh dan tinggal di minum saja. Kalau Anda ingin kandungan nutrisi yang besar, bisa minum sejenis whey protein yang mengenyangkan.

  1. Suplemen untuk daya tahan tubuh

Selain menyiapkan makanan dan minuman yang bisa memberikan efek kenyang pada tubuh, ada baiknya Anda menyiapkan suplemen. Anda bisa minum suplemen yang mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh agar selalu sehat selama berkendara.

Suplemen lain yang bisa diambil untuk kesehatan tubuh adalah B complex untuk mencegah kelelahan pada tubuh sehingga perjalanan mudik bisa berjalan dengan lebih aman dan nyaman.

  1. Buah

Santapan terakhir yang harus dibawa saat sedang mudik adalah buah. Anda bisa membawa buah-buahan yang memberikan rasa kenyang dan serat yang tinggi pada tubuh. Saat sahur Anda bisa makan pisang atau apel untuk memberikan rasa kenyang sementara sebelum menyantap karbohidrat lain.

Saat sedang berbuka puasa, Anda juga disarankan untuk makan buah khususnya kurma yang sudah bisa memberikan tambahan energi secara instan.

Dari lima hal di atas, mana saja yang sudah Anda persiapkan agar perjalanan mudik Lebaran tetap berjalan lancar dan puasanya tetap pol.