Wajib Bagi Ibu Hamil, 6 Makanan yang Buat Anak Jadi Pintar

doktersehat tempat bahaya bagi bayi baru lahir
Designed by Freepik.com

DokterSehat.Com– Memiliki anak yang pintar tentu menjadi idaman semua orang tua, ya. Tak heran ada banyak cara yang dilakukan orang tu untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah satu cara yang dinilai dapat mendukung pertumbuhan sel otak anak lebih optimal sejak janin, adalah dengan melakukan pemilihan makanan yang tepat bagi ibu saat hamil.

Lalu, apa saja sih pilihan makanan bagi ibu hamil yang bisa membuat anak semakin pintar?

Zat gizi yang mendukung kepintaran anak sejak janin

Sebelum mengetahui jenis makanan apa yang bisa membuat anak makin pintar sejak dalam kandungan, kita harus tahu dulu apa saja jenis zat gizi penting yang mampu mendukung pembentukan sel dan saraf otak anak semakin maksimal.

Beberapa jenis zat gizi yang mendukung kepintaran anak sejak dalam kandungan, adalah:

  1. DHA dan AA
  2. Kolin
  3. Omega 3
  4. Protein, serta
  5. Vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan B kompleks, zat besi, serta asam folat

Nah, itu dia lima jenis zat gizi penting yang merupakan bahan baku vital pembentukan saraf dan sel otak janin. Zat gizi tersebut juga telah terbukti mampu mendukung tumbuh kembang saraf dan sel otak anak yang maksimal.

Lalu, dari bahan makanan apa saja kita bisa mendapatkan kelima zat gizi tersebut?

Kita bisa memperoleh asupan zat gizi tersebut dengan memilih bahan makanan yang tepat.

Bahan makanan yang tepat akan membuat kita bisa mendapatkan lebih dari satu jenis zat gizi yang penting untuk otak anak dengan mengosnumsi satu jenis bahan makanan saja.

doktersehat-hamil-makanHal tersebut tentu sangat efektif, bukan? Untuk itu, yuk kita simak bahan makanan apa saja yang bisa membuat anak jadi pintar sejak dalam kandungan di bawah ini!

1. Ikan

Ikan sudah terkenal sebagai bahan makanan berprotein yang super sehat ini, ternyata memiliki kandungan gizi yang penting untuk otak anak berupa omega 3 serta DHA.

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin
pic credit: majento

Hal ini disebabkan adanya kandungan asam lemak baik pada ikan yang kaya akan kedua zat gizi tersebut. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan agar mengonsumsi ikan segar paling tidak 3-4 porsi dalam satu minggu.

2. Telur

Sebagai sumber makanan berprotein, telur juga memiliki kandungan gizi penting untuk otak anak, lho.

Photo Credit : www.pexels.com

Telur merupakan sumber omega 3 dan kolin yang mendukung pembentukan sel dan saraf otak anak optimal. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin dan mineral.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, baik dalam bentuk utuh maupun olahan seperti tempe, tahu atau selai kacang tanah, merupakan pilihan bahan makanan yang tepat untuk mendukung pembentukan otak anak yang optimal.

doktersehat-edamame-kacang-polong
Photo Credit: viviandnguyen_

Kacang-kacangan memiliki kandungan sumber protein nabati dan asam folat yang dibutuhkan sebagai bahan baku pembentukan saraf otak pada janin.

4. Sayur bayam

Sayur bayam kaya akan kandungan zat besi dan asam folat yang merupakan bahan baku vital dalam pembentukan sel dan otak anak.

doktersehat-bayam

Ibu hamil sebaiknya mengutamakan memilih sayur bayam sebagai salah satu jenis sayur yang dikonsumsi setiap hari.

5. Buah jenis beri

Buah stroberi, bluberi atau blackberi memiliki kandungan vitamin, mineral, fitonutrien yang lengkap serta antioksidan yang paling tinggi diantara jenis buah lainnya.

Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

Kandungan antioskidan ini mampu mendukung optimalisasi sistem pembentukan sel dan saraf otak pada janin. Hal ini membuat buah jenis beri layak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan dijadikan sebagai bagian dari konsumsi buah harian.