Makanan Probiotik Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Jika kita menyebutkan makanan probiotik, maka hal pertama yang akan kita pikirkan adalah yoghurt. Makanan yang berasal dari produk hewani ini memang terkenal kaya akan kandungan probiotik yang bisa membuat tubuh kita memiliki tekanan darah yang cenderung lebih rendah. Tahukah anda, makanan probiotik sendiri memiliki banyak mikroorganisme yang masih hidup dan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, khususnya saluran pencernaan dan sistem ketahanan tubuh. Selain yoghurt, makanan probiotik ternyata juga bisa ditemui di berbagai tempat layaknya sebagai berikut.

shutterstock_133962980 copy

Makanan pertama yang tanpa kita sadari ternyata kaya akan kandungan probiotik adalah makanan khas rakyat Indonesia; tempe. Tempe sendiri dibuat dari kedelai yang difermentasi. Kandungan alamiah layaknya rhizopus oligosporus dari tempe diyakini cukup efektif untuk memerangi bakteri di dalam tubuh layaknya bakteri penyebab pneumonia dan juga penyakit sepsis, yakni bakteri staphylococcus aureuswhich.

Selain tempe, kita juga mengenal produk miso yang juga dibuat dari kedelai yang difermentasi terlebih dahulu, Miso sendiri dikenal luas memiliki asam laktat yang sangat baik. Sebagian bakteri asam laktat inilah yang akan membuat nutrisi makanan lebih baik dicerna, infeksi pada usus semakin menurun, mencegah kanker, hingga mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah.

Makanan-makanan difermentasi memang memiliki kecenderungan memiliki kandungan probiotik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, keju fermentasi yang kaya akan bakteri asam laktat ternyata juga termasuk dalam makanan sehat ini. Sayuran yang difermentasi layaknya sayuran khas korea yang unik yakni kimchi ternyata juga kaya akan kandungan probiotik. Biasanya sayuran fermentasi cenderung bisa bertahan dalam waktu yang lama dan tetap segar untuk dkonsumsi.

Minuman teh kombucha ternyata juga memiliki banyak kandungan probiotik yang bisa mengembangkan bakteri baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Selain itu, teh kombucha juga ditengarai mampu membuat semangat dan energi bertambah sekaligus melancarkan sistem pencernaan tubuh.