Awas! 4 Makanan Ini Ternyata Buat Tubuh Jadi Dehidrasi

doktersehat-cokelat-1024

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering merasa haus padahal aktivitas fisik yang Anda lakukan termasuk ringan atau aktivitas yang biasa Anda lakukan?

Jika iya, maka coba perhatikan asupan makanan Anda, karena bisa jadi rasa haus yang Anda rasakan adalah akibat dari pemilihan bahan makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi atau rasa haus berlebihan, lho.

Ya, makanan yang dipilih dengan asal ternyata dapat menyebabkan tubuh mengalami rasa haus berlebih yang dapat mengarah pada dehidrasi.
dehidrasi-doktersehatHal ini memang kerap tak disadari, namun tentu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, utamanya sistem hidrasi.

Jika tak disadari dan terjadi terus menerus, maka kondisi ini dapat membuat tubuh semakin sering mengalami dehidrasi.

Lebih lanjut, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami berbagai gangguan pada sistem metabolisme, fungsi organ dan gangguan pada kondisi tubuh, misalnya dengan menyebabkan rasa pusing, mual muntah, hingga hilang kesadaran.

Bahan makanan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat menyebabkan tubuh jadi rentan mengalami dehidrasi.

Bahan makanan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, adalah makanan yang umumnya dapat menyerap cairan dalam tubuh lebih banyak, atau makanan yang dapat meningkatkan pengeluaran cairan tubuh, utamanya dari sistem urin.
doktersehat-makanan-ganggu-kesehatan-tulangMakanan-makanan tersebut umumnya mengandung zat yang banyak mengandung lemak atau bahan makanan dengan bahan tambahan buatan.

Agar lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak apa saja jenis bahan makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi di bawah ini!

1. Cokelat

Beberapa jenis cokelat, utamanya cokelat yang kandungan kokoanya tinggi, misalnya cokelat hitam, terbukti dapat menyebabkan sistem pengeluaran urin dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Hal ini tentu secara tidak langsung dapat memengaruhi kadar hidrasi dalam tubuh, dimana semakin banyak kandungan kokoa dalam tubuh dapat mengeluarkan cairan tubuh yang semakin banyak pula. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi cokelat.

doktersehat-masker-cokelat
Photo Credit: Pexels.com

Cokelat hitam merupakan bahan makanan yang banyak mengandung antioksidan, akan tetapi, sebaiknya Anda tetap mengontrol asupannya, paling tidak 1-2 porsi, yang setara dengan 50-70 gram, dalam satu minggu.

2. Keju atau olahan keju

Anda penggemar keju? Makanan olahan dari susu yang banyak diolah sebagai topping makanan dan masakan ini memang super lezat ya.

Sayangnya, konsumi keju terbukti dapat menyebabkan kandung kemih menjadi berkontraksi lebih aktif sehingga pengeluaran cairan tubuh, utamanya urin, menjadi lebih besar.

Hal ini juga berlaku pada berbagai olahan keju, misalnya saus asam dari keju yang digunakan untuk pelengkap makanan, misalnya salad.

3. Pop corn

Anda tentu sering merasa haus saat mengonsumsi pop corn, bukan? Ya, hal ini tentu wajar mengingat pop corn banyak mengandung garam atau bumbu buatan tambahan yang cenderung tinggi natrium.

doktersehat-popcornNatrium merupakan zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan cairan diserap lebih banyak dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pop corn menjadi makanan yang dapat membuat tubuh menjadi cepat haus dan rentan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

4. Makanan ringan dalam kemasan dengan tambahan bumbu buatan

Mirip dengan pop corn, makanan ringan yang banyak diolah dengan tambahan banyak bumbu buatan juga mengandung banyak natrium.

doktersehat-keripik-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Guilia Carradori

Konsumsi makanan ringan, misalnya keripik berbumbu atau camilan ringan lainnya, yang biasanya dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, tentu akan membuat asupan natrium dalam tubuh menjadi lebih banyak dan risiko dehidrasi akan semakin besar, bukan?

Nah, itu dia 4 bahan makanan yang menyebabkan tubuh menjadi cepat merasa haus dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan di atas secara berlebihan dan terlalu sering, ya!