Makanan Penyebab Bau Keringat dan Bau Mulut

DokterSehat.com – Bau badan dan bau mulut tak hanya disebabkan kurang terjaganya kebersihan tubuh dan rongga mulut, tapi juga bisa dipengaruhi makanan yang Anda konsumsi. Apa saja makanan yang harus dibatasi agar terhindar dari bau badan dan bau mulut?

10

1. Rempah-rempah

Rempah-rempah yang memiliki aroma menyengat seperti bawang putih, bawang merah, dan kari  biasanya akan memproduksi gas sulfur. Kemudian gas diserap oleh darah dan dieliminasi paru-paru dan pori-pori kulit. Inilah yang dapat menimbulkan bau badan dan bau mulut.

2. Daging Merah

Proses mencerna daging merah membutuhkan waktu yang lama. Saat makanan tidak tercerna maka racun dan gas berbau busuk akan dilepaskan. Akibatnya, keringat Anda menjadi bau.

3. Makanan Olahan & Junk Food

Makanan olahan yang mengandung banyak garam/gula, tepung, dan minyak terhidrogenasi berpotensi membusuk di perut. Akibatnya, napas dan tubuh menimbulkan bau tak sedap.

4. Produk Susu

Produk susu kaya akan protein. Saat dipecah dalam perut bisa menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang memicu bau busuk.

5. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.