Makanan Penunjang Diet untuk Mengatasi Stress

DokterSehat.Com – Semua hal yang berlebihan hanya akan menyebabkan efek negativ, apabila stress berlebihan juga tidak akan membawa efek positif untuk tubuh. Jika kadar stress yang sedang Amda alami hanya berkisar pada tahapan standar atau wajar maka itu akan sangat baik dan berpengaruh positif terhadap metabolisme dalam tubuh karena saat seseorang mengalami stress secara otomatis tubuhnya akan mengeluarkan hormon bernama adrenalin dan kortisol yakni hormon yang apabila dilepaskan akan membantu produksi energi serta metabolisme tubuh lebih cepat dari biasanya.



Namun jika terlalu stress apalagi hingga tidak bisa mengendalikannya maka dampak buruk yang terjadi adalah terpacunya berbagai zat seperti asam amino dan magnesium juga posfor dan potassium untuk secara alami dikeluarkan oleh tubuh orang yang sedang stress berat. Keluarannya zat tersebut akan menjadikan orang yang mengalami stress akut mudah mengalami hal buruk seperti masalah pencernaan dan masalah reproduksi, otot yang melemah serta akan merusak system kekebalan tubuh.

Dari penjelasan tersebut kita secara tidak langsung diberi peringatan bahwa stress sebaiknya dikelola dengan baik agar kesehatan Anda tetap terjaga. Salah satu caranya yaitu dengan menjalankan diet untuk mengobati stress akut, yaitu hanya mengkonsumsi makanan tertentu yang akan meminimalisir tingkat stress agar tidak bertambah menjadi lebih parah.

Di bawah ini beberapa makanan penunjang diet yang bermanfaat mengatasi stress :

  • Sayur Asparagus
    Kandungan yang terdapat dalam sayur ini adalah Vitamin B dan Acid. Fungsi dari 2 kandungan tersebut adalah bisa menjaga mood agar tetap stabil dan terkendali.
  • Gandum Utuh
    Manfaat dan keutamaan bahan makanan ini sudah tersebar dan dikenal memiliki kandungan vitamin B tinggi, yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan produksi energi, lemak, protein yang secara optimal bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Hal ini berbeda dengan aneka jenis makanan olahan yang dengan mudah bisa kita dapatkan, semua kandungannya sudah hilang dan bahkan sebaliknya memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh.
  • Keju Cottage
    Kalau Anda belum tahu dengan jenis keju yang satu ini, coba datangi toko kue atau toko bahan makanan, keju ini pasti bisa Anda dapatkan. Cirinya adalah dia memiliki rasa yang sedikit manis dan juga memiliki tekstur yang lembut. Keunggulan dari keju cottage ini adalah kandungan protein hewani, asam amino trytophan yang tinggi, yang bermanfaat untuk membuat manusia merasa lebih rileks, tenang, dan bahagia. Itulah sebabnya kenapa jenis keju ini menjadi salah satu makanan penunjang diet untuk mengatasi stress.
Baca Juga:  Mengapa Sebaiknya Kita Berkeramas Dengan Air Dingin?

Selain ketiga jenis makanan di atas, masih banyak lagi jenis lain yang kalau dijelaskan secara keseluruhan akan terlalu panjang pembahasannya. Daftar jenis makanan lain yang dimaksud diantaranya alpukat, kacang almond, makanan yang mengandung vitamin C, dan jenis makanan yang mengandung omega 3.

Semoga informasi tentang makanan penunjang diet untuk mengatasi stress ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.