Makanan Penting Yang Dikonsumsi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Kehamilan adalah waktu yang tepat untuk anda memberikan nutrisi pada janin. Selain itu anda juga diharuskan memilih makanan yang tepat sehingga anda dapat memaksimalkan menjaga kesehatan.  Meskipun semua makanan memiliki kandungan nutrisi yang baik akan tetapi dengan pilihan yang tepat dan nutrisi yang sesuai untuk kesehatan ibu dan janin, menjadi alternative yang  lebih baik. Inilah makanan yang penting untuk anda dalam masa kehamilan :

7

  • Yoghurt
    Kandungan yang terdapat pada yoghurt sangat baik untuk kehamilan. Makanan yang dihasilkan dari hasil fermentasi dengan adanya bakteri laktobacillus mengandung prootein yang membantu dalam pertumbuhan janin, kalsium dalam memperkuat tulang pada janin, probiotik untuk mengontrol asupan makanan yang mengandung bahan berbahaya sehingga meningkatkan kekebalan di dalam usus ibu hamil serta adanya zat besi  yang menunjang proses kehamilan anda. Disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi yoghurt yang belum mendapatkan pewarna ataupun perasa, hal ini untuk meminimalkan asupan bahan kimia yang memicu adanya gangguan pada kesehatan anda. Untuk anda sweet-plain (tambahan gula atau madu) yoghurt adalah pilihan tepat  untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.
  • Alpukat
    Adanya kandungan vitamin B kompleks di dalam buah alpukat sehingga memungkinkan tercukupinya asam folat dan vitamin B9. Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga ibu hamil mendapatkan tambahan energi yang aman ketika masa kehamilan.
  • Kacang-kacangan
    Serat yang terkandung di dalam jenis kacangan-kacangan sangat baik untuk ibu hamil. Kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil karena adanya kandungan serat yang mencukupi kebutuhan serat, kandungan lemak pada kacang hijau sangat aman untuk dikonsumsi karena dinilai aman dalam menjaga  tekanan darah anda. Anda juga dapat meningkatkan asupan folat yang didapat dari kacang hijau untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi.
  • Ubi jalar
    Ubi jalar mengandung karotenoid, yang memberikan warna orange pada ubi jalar. Pigmen warna orange inilah yang akan membantu anda dalam meningkatkan asupan vitamin A. Kandungan antioksidan mampu mencegah ibu hamil dari radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.
  • Ikan
    Ikan berperan dalam memenuhi kebutuhan omega-3 yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu terdapat nutrisi penting lainnya seperti protein dan mineral. Ikan yang disarankan untuk ibu hamil adalah ikan laut seperti salmon, ikan kembung dan sarden. Banyak jurnal yang menyarankan untuk memaksimalkan asupan salmon karena dinilai kandungan merkuri lebih rendah ketimbang ikan kakap. Anda juga harus memperhatikan kematangan, hindari terlebih dahulu sushi karena akan memberikan efek negatif pada janin.
  • Telur
    Hasil penelitian menunjukan adanya kandungan kolin yang terdapat pada telur membuat anda meminimalisir stress, selain itu juga kandungan kolin dapat menyempurnakan perkembangan otak janin.  Disarankan untuk ibu hamil memasak telur dengan cara yang tepat, perhatikan tingkat kematangan telur sehingga menurunkan kemungkinan bakteri masuk ke dalam tubuh, anda bisa memasak dengan cara merebus atau membuat telur dadar.
  • Beras merah
    Kandungan nutrisi pada beras merah dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan janin. Pada ibu hamil beras merah dapat membantu menurunkan kolestrol darah, selain itu kandungan EPA dan DHA sangat baik untuk perkembangan janin. Adanya kandungan B1 dapat membantu mencegah beri-beri pada bayi. Sesekali anda dapat meningkatkan asupan beras merah dengan mengatur menu makan anda.