Makanan Pengganti Bagi Anak Alergi, Apa Saja?

DokterSehat.Com– Alergi pada anak umumnya ditandai dengan gatal-gatal, kulit kemerahan, bersin-bersin, hidung tersumbat dan gangguan pernapasan lainnya. Ada beberapa penyebab alergi pada anak mulai dari debu, cuaca, bulu binatang, hingga makanan.

susu-nabati-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Angelica Bair

Makanan pengganti untuk anak yang alergi

Bagi orang tua yang memiliki anak alergi makanan tertentu, harus pintar memutar otak untuk mencukupi nutrisinya. Pasalnya, umumnya makanan yang menjadi pencetus alergi pada anak adalah makanan yang kaya kandungan gizi seperti protein dan kalsium.

Namun Anda tidak perlu khawatir si kecil akan kekurangan gizi. Anda bisa mengganti makanan pencetus alergen pada anak dengan makanan lain yang memiliki kandungan gizi serupa. Beberapa di antaranya:

1. Susu

Alergi susu merupakan salah satu jenis alergi yang banyak dialami oleh anak-anak. Untuk penggantinya, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai atau susu almond. Sedangkan untuk makanan lain yang mengandung susu seperti kue dan biskuit, Anda bisa mencari produk makanan yang menggunakan bahan pengganti susu.

2. Telur
Selain susu, telur juga merupakan salah satu makanan yang menjadi pencetus alergi paling sering pada anak-anak. Ibu dapat menggantinya dengan daging dan ikan yang memiliki kandungan gizi serupa dengan telur.

3. Ikan

Bagi anak yang alergi ikan, Anda bisa mengganiya dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, minyak kedelai dan minyak kanola. Sayuran hijau juga baik untuk sumber asam lemak omega-3 pada anak.

4. Kacang dan gandum
Anda bisa mengganti kacang pada makanan anak dengan kacang hijau atau kacang kedelai. Umumnya anak yang alergi kacang juga alergi pada jenis kacang lainnya seperti almond dan walnut, karena itu Anda perlu lebih cermat mengamati gejala alergi pada anak.

Baca Juga:  Efek Gizi Buruk Bagi Tubuh

Sedangkan pada gandum, Anda bisa menggantinya dengan tepung bebas gandum yang terbuat dari kelapa, almon, atau beras.