Makanan Pengantar Tidur

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dokter Sehat -Tidur seperti makan dan olahraga yang menempati posisi sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh. Tidur berlebihan dan kurang tidur juga sama-sama bermasalah.

Namun selama ini, baik karena gejala klinis dan psikologis, banyak orang yang sulit tidur. Sebelum berkonsultasi ke dokter mungkin ada baiknya Anda mencoba menanganinya dengan cara sederhana dengan mengkonsumsi makanan pengantar tidur.

Berikut ini makanan yang mengandung zat tertentu sehingga memudahkan Anda tidur.

1. Susu.

Dalam susu terdapat kandungan asam amino tryptophan yang mendorong produksi hormon serotonin. Hormon ini merangsang saraf untuk berelaksasi.

2. Eskrim dan Keju

Dua makanan ini juga mengandung susu yang dapat merangsang saraf untuk rileks dan menghilangkan ketegangan sehingga memudahkan orang terserang rasa kantuk.

3. Oatmeal

Makanan ini mengandung banyak thiamin. Zat ini akan menyerap lebih banyak tryptophan.

4. Avokado

Buah ini mengandung banyak magnesium terutama bila dikonsumsi tanpa gula yang berfungsi sebagai pemancing relaksasi tubuh.

5. Wijen

Wijen mengandung banyak mengandung Vitamin B3 dan niacin. Vitamin membantu proses sintesis hormon serotonin yang membuat Anda mudah terlelap. Wijen juga mengandung Vitamin E yang memperlancar sirkulasi darah sehingga membuat Anda nyaman dan tenang. [L1]

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

Leave a Comment