Tak Hanya Air Putih, 4 Jenis Makanan ini Juga Bisa Cegah Dehidrasi

makanan-pencegah-dehidrasi-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Air merupakan komponen penting bagi setiap manusia. Bagaimana tidak, di dalam tubuh setiap orang, terdapat setidaknya 60 persen air, mengalahkan jumlah komponen lainnya. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa air merupakan hal yang penting dan tidak bisa disepelekan.

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan, tapi tidak dapat hidup tanpa air. Itu menunjukkan bahwa kedudukan serta keberadan air sangatlah penting bagi kehidupan. Maka dari itu, masalah dehidrasi adalah salah satu masalah yang tidak boleh dianggap remeh bagi setiap orang.

Untuk mencegah dehidrasi, biasanya seseorang akan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Itu memang benar, tapi apakah hanya dengan air putih saja?

Perlu Anda ketahui, bahwasanya untuk mencegah dehidrasi pada tubuh tidak hanya menggunakan air putih saja, tapi juga bisa dengan makanan. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat kaya akan air. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Aberdeen Medical School, menjelaskan bahwa semangka bisa membuat tubuh tidak lapar dan haus. Sebab, nutrisi yang dimilikinya bisa membuat seseorang menjadi kenyang serta anti haus, apalagi dehidrasi.

2. Seledri

Mungkin terkesan sedikit aneh, tapi seledri memang telah terbukti bisa mencegah seseorang dari dehidrasi. Hal itu dikarenakan tumbuhan yang satu ini memiliki 90 persen air di dalamnya. Tak hanya itu, seledri juga kaya akan vitamin K dan kalium yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar serta bergairah.

3. Mentimun

Mentimum memang sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi dehidrasi. Hal itu dikarenakan mentimum sangat kaya akan air sehingga tubuh tidak kehabisan stok air jika rutin mengonsumsi mentimun. Selain itu, mentimun juga bisa dikonsumsi secara mentah atau diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti sayur, ataupun jus.

4. Air Kelapa

Untuk jenis minuman yang satu ini sudah tak bisa diragukan lagi. Sebab, air kelapa disebut-sebut sebagai air dewa yang memiliki segudang manfaat, mulai dari menetralkan racun, menyembuhkan batu ginjal, pencernaan, diabetes, dan mencegah dehidrasi. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas padat, disarankan untuk sering-sering mengonsumsi air kelapa.