Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Doktersehat - Bayi
Photo Credit: Flickr.com/Gau Xam

DokterSehat.Com– Asupan gizi yang tepat bagi ibu hamil adalah sesuatu yang penting karena hal itu bisa membantu pertumbuhan janin dengan baik. Banyak penelitian menemukan jika kecacatan bayi tidak hanya terjadi selama kehamilan, tetapi juga pada saat masa paling awal kehamilan.

Cacat lahir merupakan cacat yang dibawa oleh bayi sejak dalam kandungan. Jenis cacat lahir yaitu cacat lahir struktural (bibir sumbing, penyakit jantung bawaan, cacat pada anggota tubuh) dan cacat lahir fungsional (autisme, sindrom down, gangguan otak dan sistem metabolisme).

Pada umumnya, kecacatan terjadi pada saat usia kehamilan memasuki tiga bulan. Pada saat usia kandungan memasuki usia tiga bulan inilah, organ-organ janin sedang mengalami masa pembentukan.

Cacat pada bayi ini diduga disebabkan oleh faktor-faktor yang sangat kompleks. Faktor-faktor ini menyangkut hal seperti gen yang diturunkan dari orangtua, kebiasaan dan juga lingkungan. Beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko kehamilan dengan bayi yang cacat, diantaranya:

  • Kelainan kromosom.
  • Merokok, minum-minuman beralkohol serta konsumsi obat-obatan terlarang.
  • Obesitas dan diabetes sebelum atau selama kehamilan.
  • Konsumsi obat-obatan seperti isotretinoin.
  • Faktor keturunan yaitu ada anggota keluarga lain yang mengalami kelahiran bayi cacat.
  • Hamil pada usia berisiko tinggi yakni saat usia sudah lebih dari 34 tahun.
  • Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung pestisida, boraks, formalin, dan MSG.
  • Ibu hamil yang kekurangan asam folat dan yodium.

Untuk faktor penyebab yang terakhir, ini adalah faktor yang paling banyak menyebabkan bayi lahir cacat. Tentu hal ini harus menjadi perhatian bagi orang tua khususnya ibu untuk selalu memperhatikan asupan makanan untuk mencegah bayi terlahir cacat.

Semua ibu hamil membutuhkan makanan sehat yang mengandung asam folat. Khususnya saat bulan pertama kehamilan. Meski begitu, pada bulan-bulan selanjutnya masa kehamilan, Anda pun harus tetap mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Asupan asam folat yang cukup, bisa mengurangi resiko bayi lahir cacat hingga 70 persen.

Lalu, makanan apa saja yang seharusnya dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah cacat lahir:

  1. Asam folat

Mengingat begitu pentingnya konsumsi asam folat bagi ibu hamil, maka Anda harus mengetahui makanan-makanan apa saja yang mengandung asam folat. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat:

  • Gandum, sereal dan spagheti.
  • Bayam, asparagus, brokoli, okra, selada, seledri, lobak, bunga kol, kubis, kecambah, dan paprika hijau.
  • Jeruk, raspberi, pepaya, blackberi, tomat, belewah, labu, dan stroberi.
  • Kacang merah, buncis, kacang cranberry, kacang polong, kacang kapri, kedelai, kacang tanah, dan produk kacang seperti selai.
  • Ubi-ubian.

Vitamin B9 yang ada di asam folat dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi. Cacat bawaan timbul akibat tidak sempurnanya penutupan tabung saraf (spina bifida) selama pertumbuhan embrional, sehingga berakibat kecacatan pada otak dan tulang belakang janin.

  1. Omega-3

Janin di dalam kandungan tidak dapat membentuk sendiri lemak omega 3 seperti EPA dan DHA. Janin hanya mendapatkan omega-3 dari ibu melalui plasenta. DHA dipercaya dapat mencegah bayi terlahir cacat. Kekurangan DHA bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan sistem imun dan saraf pada saat lahir. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 diantaranya: ikan salmon atau minyak ikan salmon, oregano, cengkeh, brokoli, lobak, daun kemangi, ikan makarel dan bayam.

  1. Makanan probiotik

Probiotik atau bakteri baik yang terkandung di dalam makanan tertentu dapat membantu mencegah dan mengatasi bakteri jahat didalam perut. Bagi ibu hamil, probiotik sangat disarankan untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu probiotik juga dapat memaksimalkan energi pada ibu hamil dan mengurangi pusing yang terjadi ketika hamil.

Sumber probiotik yang tinggi dan berkualitas berasal dari makanan yang difermentasi secara tradisional. Tempe adalah salah satu sumber pribotik terbaik. Selain tempe, makanan probiotik lain yang bisa Anda konsumsi seperti: yogurt, kacang polong, miso dan kimchi.

Bayi yang lahir cacat dapat mengalami kelainan fisik dan mental. Dampak terburuknya, hal ini juga bisa memicu kematian pada bayi. Namun, Anda masih bisa mencegah hal itu terjadi dengan memenuhi asupan kehamilan seperti yang sudah dijelaskan di atas.